Bank Mandiri Targetkan Miliki 30.000 Agen Laku Pandai pada 2017

Kompas.com - 01/12/2016, 17:58 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyatakan akan terus mengembangkan program layanan keuangan tanpa kantor untuk dalam rangka keuangan inklusif (laku pandai) guna mendukung pencapaian agenda keuangan berkelanjutan atau sustainable finance.

Untuk itu, Bank Mandiri berharap dapat meningkatkan jumlah agen laku pandai serta nasabah rekening laku pandai di seluruh Indonesia.

Per Oktober 2016, Bank Mandiri memiliki lebih dari 14.000 agen laku pandai yang meliputi  agen individual dan agen berbadan hukum. Adapun jumlah rekening laku pandai Bank Mandiri tercatat lebih dari 12.000 rekening.

"Jumlah tersebut diharapkan dapat meningkat menjadi lebih dari 30.000 agen dan 500.000 rekening pada akhir tahun 2017," kata Kepala Ekonom Bank Mandiri Anton Hermanto Gunawan dalam keterangan resmi, Kamis (1/12/2016).

Anton mengungkapkan, akses keuangan yang bisa dinikmati seluruh unsur masyarakat (keuangan inklusif) melalui program laku pandai sangat penting untuk memperkuat kapasitas dan meningkatkan keberdayaan masyarakat dalam mendorong perekonomian rakyat, kesejahteraan sosial, dan pelestarian lingkungan.

Anton menjelaskan, penambahan agen laku pandai dilakukan dengan memanfaatkan para debitor segmen bisnis mikro untuk menjadi agen serta memperbaiki sistem remunerasi keagenan untuk memacu agen laku pandai untuk dapat lebih aktif bertransaksi.

“Kami juga akan meningkatkan keaktifan para agen dalam memfasilitasi layanan Laku Pandai, baik dari sisi penambahan jumlah nasabah pemilik rekening basic savings account (BSA) maupun dari sisi mobilisasi dana dan transaksi ke Bank Mandiri,” ungkap Anton.

Saat ini produk Bank Mandiri terkait Laku Pandai adalah produk tabungan Simpanan Mandiri Makmur (Si Makmur), yang dapat digunakan nasabah untuk melakukan transaksi setor, tarik tunai, transfer antar bank, dan pembayaran.

Sesuai dengan karakteristik nasabah yang disasar, fitur utama produk tabungan ini adalah dapat dibuka di agen bank, tidak menggunakan buku dan kartu ATM, serta bebas dari biaya administrasi. Nasabah pun diberikan limit maksimal Rp 18 juta dan transaksi minimal Rp 5 juta per bulan.

“Adapun strategi untuk meningkatkan jumlah rekening laku pandai ini adalah dengan penyederhanaan proses pembukaan rekening dan menambah fitur produk. Hal lainnya adalah pemanfaatan rekening Si Makmur untuk penerimaan kredit mikro dan penerimaan payroll gaji karyawan yang kurang dari Rp 5 juta,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.