China Kenakan Pajak Tambahan 10 Persen untuk Mobil Mewah

Kompas.com - 02/12/2016, 12:00 WIB
Jamie Chua dalam salah satu mobil mewah milik pribadi NEXTSHARK.COMJamie Chua dalam salah satu mobil mewah milik pribadi
|
EditorAprillia Ika

BEIJING, KOMPAS.com - China memperkenalkan pajak tambahan 10 persen untuk mobil super mewah, termasuk di antaranya Ferrari, Bentley, Aston Martin, dan Rolls-Royce. Pajak ini berlaku bagi mobil seharga lebih dari 1,3 juta yuan atau 189.000 dollar AS yang setara sekira Rp 2,5 miliar.

Mengutip BBC, Kamis (1/12/2016), pengenaan pajak tersebut bertujuan untuk membatasi belanja barang-barang mewah dan mengurangi emisi. Ini merupakan bagian dari upaya otoritas China untuk menangkal penunjukkan kekayaan.

China adalah pasar utama bagi produsen mobil mewah. Dalam beberapa tahun terakhir, para produsen mobil telah melakukan beragam perombakan terhadap model mobil guna menarik minat para pembeli China.

Rolls-Royce dan Aston Martin berencana merilis model SUV tahun depan sebagai respon atas preferensi masyarakat tajir di China akan mobil besar ketimbang mobil sport.

"Guna mendorong konsumsi secara rasional dan mempromosikan pengurangan emisi, Majelis negara telah menyetujui tambahan pajak terhadap mobil-mobil super mewah," demikian pernyataan Kementerian Keuangan China.

Pajak tersebut berlaku efektif pada 1 Desember 2016, meski banyak pihak memandang pajak ini tidak banyak berpengaruh terhadap orang-orang super kaya di China.

Presiden China Xi Jinping pun telah membuat kampanye melawan korupsi sebagai agenda utama pemerintahan yang dipimpinnya.

Partai komunis China pun mengumumkan regulasi baru terkait larangan bagi pejabat negara mempertontonkan kekayaan.

Kompas TV Mobil Mewah Tergenang Banjir 7 Meter



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X