Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Ekonomi Daerah, XL Hadirkan 4G-LTE di Makassar

Kompas.com - 02/12/2016, 20:44 WIB
Aprillia Ika

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Pelanggan PT XL Axiata Tbk (XL) di Makassar kini telah bisa mengambil manfaat dari layanan internet cepat 4G LTE (long term evolution). Peresmian layanan 4G dari XL di Makassar dilaksanakan Jumat (2/12/2016).

Sejak November 2016 lalu, layanan internet cepat ini telah sampai di Ibu Kota Sulawesi Selatan dan akan menyusul kemudian kota-kota lainnya di provinsi ini dan kota-kota lain di Sulawesi.

XL sangat berharap layanan internet cepat ini akan mampu ikut mendukung percepatan pembangunan di berbagai bidang di Sulawesi Selatan, termasuk juga bisa mendorong produktifitas ekonomi masyarakat setempat di era digital saat ini.

Apalagi, Kota Makassar dan sekitarnya memiliki potensi ekonomi yang besar.

Presiden Direktur/CEO XL, Dian Siswarini mengatakan, layanan 4G LTE dari XL kini hadir Makassar, kota terbesar di Sulawesi, sekaligus pintu gerbang ke Kawasan Timur Indonesia. "Karena itu kami berusaha keras agar Makasar bisa mendapatkan layanan 4G tahun ini," kata dia melalui siaran pers, Jumat.

Setelah Makassar dan sebelumnya Manado, semoga tahun depan menyusul beberapa kota lagi di Sulawesi. Kami berharap, pembangunan jaringan 4G ke depan bisa mengiringi gencarnya pembangunan berbagai proyek infrastruktur oleh pemerintah dalam mendorong perekonomian daerah.

"Kami yakin, keberadaan layanan internet cepat hingga ke pelosok daerah akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan aktifitas ekonomi masyarakat.”

Layanan 4G LTE di Makassar dan sekitarnya ditopang oleh lebih dari 169 BTS 4G. Saat ini pelanggan XL di Makassar dan sekitarnya hampir mencapai 500.000 pelanggan, dengan sekitar 28 persen di antaranya telah menggunakan layanan 4G.

Dian menambahkan, sejak mulai mengimplementasikan layanan 4G LTE, XL langsung memutuskan untuk lebih mengutamakan sisi kualitas.

Karena itu tanpa mengabaikan perluasan wilayah layanan 4G, XL juga terus berusaha menghadirkan layanan internet 4G LTE yang memberikan kecepatan dan kenyamanan bagi penggunanya. XL telah menerapkan sejumlah teknologi terbaru yang bisa memaksimalkan kualitas 4G.

Untuk tahun 2017, XL akan mengalokasikan capex sebesar Rp 7 triliun, dengan fokus untuk pengembangan 3G dan 4G.

Untuk semua wilayah 4G LTE ini, XL akan terus mempersiapkan kualitas jaringan secara khusus, termasuk juga ekosistem dan program layanan yang semakin mempermudah pelanggan dan masyarakat untuk bisa segera memanfaatkan layanan 4G.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com