BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Global 3,2 Persen pada 2017

Kompas.com - 04/12/2016, 08:00 WIB
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi thikstockphotosIlustrasi pertumbuhan ekonomi
|
EditorAprillia Ika

KUTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global mencapai 3,2 persen pada 2017 mendatang. Prediksi ini dilatarbelakangi berbagai kondisi perekonomian maupun politik di berbagai kawasan yang turut memberi dampak pada dinamika ekonomi global.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung, beberapa hal yang dimonitor oleh bank sentral antara lain revisi ke atas pertumbuhan ekonomi AS yang didasari berbagai perkembangan positif.

Selain itu, China pun menunjukkan perkembangan yang lebih baik dibanding yang diperkirakan sebelumnya.

"Tahun 2017 (pertumbuhan ekonomi global) ke arah 3,2 persen cukup justified," kata Juda pada acara pelatihan wartawan ekonomi BI di Kuta, Bali, Sabtu (3/12/2016).

Namun demikian, imbuh Juda, bank sentral pun menyoroti beberapa risiko yang dihadapi perekonomian global.

Salah satu risiko tersebut adalah terkait terpilihnya Donald Trump pada pemilihan presiden AS beberapa waktu lalu.

Menurut Juda, pasca pilpres AS masih timbul berbagai ketidakpastian, khususnya terkait kebijakan apa saja yang akan diambil sang presiden terpilih.

Meski begitu, bank sentral memandang secara gradual kebijakan yang akan diambil Trump tidak akan seekstrim yang dikampanyekan.

"Misalnya mengenai (kebijakan) fiskal dan perdagangan, masih ada tone nasionalisme yang kelihatan, tetapi tidak seekstrim yang di kampanye," ungkap Juda.

Selain itu, pada tahun 2017 mendatang, Juda mengatakan bank sentral juga menyoroti ketidakpastian yang muncul dari kawasan Eropa.

Hal ini terkait beberapa pemilu yang diselenggarakan di negara anggota Uni Eropa, seperti Perancis dan Italia.

Kompas TV Kebijakan Trump Ini Akan Mengubah Ekonomi Dunia?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X