Libur Akhir Tahun, Kemenhub Batasi Truk Dua Sumbu Masuk Jalan Tol 

Kompas.com - 05/12/2016, 14:31 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membatasi operasional angkutan truk di jalan tol pada libur Natal dan Tahun Baru 2017. Pembatasan operasional tersebut dimulai tanggal 23 Desember 2016 hingga 26 Desember 2016. 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Pudji Hartanto mengatakan, pembatasan operasional dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2017 di jalan tol. 

"Kami sudah melakukan rapat koordinasi dengan internal Kemenhub. Kami juga melakukan rapat eksternal dengan para pengusaha angkutan truk. Di situ saya sampaikan kalau ada rencana  pembatasan barang lebih dari dua sumbu," ujar Pudji dalam konferensi pers di Kantor Kemenhub Jakarta, Senin (5/12/2016). 

Adapun ruas jalan tol yang tidak boleh dilalui oleh truk dua sumbu antara lain, Merak-Cikupa-Kembangan-JORR W2, Kembangan Jakarta-JORR W2-Cikunir, Cawang-Dawuan-Purbaleunyi, Cawang-Cikarang Utama-Cikopo-Palimanan-Pejagan-Brebes Timur, Cawang Jakarta-Bogor-Ciawi. 

"Ini semua di dalam jalur tol. Jadi, memang kalau pengusaha akan mengoperasionalkan pada tanggal itu dengan sumbu dari dua silahkan tetapi tidak lewati jalur tol. Terkecuali, kendaraan pengangkut bahan bakar minyak dan gas, itu bebas masuk jalur tol," katanya.

Pudji menambahkan, jika angkutan truk sudah berada di ruas jalan tol setelah pukul 00.00 WIB tanggal 23 Desember 2016, maka tetap diperbolehkan melanjutkan sampai pintu keluar tol terdekat.

"Evaluasi waktu pemberlakuan dilakukan berdasarkan pertimbangan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia," tandasnya. 

Kompas TV Penyebab Kemacetan Parah Saat Libur Natal
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.