Kadin Dukung Kebijakan Kemenhub Batasi Angkutan Barang

Kompas.com - 06/12/2016, 21:00 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mendukung langkah Kementerian Perhubungan yang mengeluarkan peraturan pembatasan operasional truk angkutan barang dua sumbu di jalan tol pada libur Natal dan Tahun Baru 2017.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto mengatakan, kebijakan menunjukkan perhatian pemerintah pada kelangsungan gerak ekonomi, walau dalam kondisi khusus.

Kebijakan tersebut juga dikeluarkan setelah mendengar masukan-masukan dari Kadin dan asosiasi logistik.

"Kami (Kadin) mengapresiasi kebijakan ini. Ini juga menunjukkan sinergi antara regulator dan pelaku usaha," kata Carmelita di Jakarta, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jakarta, Selasa (6/12/2016). 

Carmelita menuturkan, apabila pembatasan operasional angkutan barang secara penuh hal ini akan mengganggu distribusi kebutuhan konsumen, mengganggu jadwal ekspor dan impor ke dan dari kapal. Hal ini akan menimbulkan ekonomi biaya tinggi yang harus dibebani pada masyarakat. 

"Diharapkan langkah ini tetap berlanjut pada libur-libur nasional lainnya, seperti Tahun baru dan Lebaran," tandasnya.

Seperti diketahui, mulai tanggal 23 Desember pukul 00:00 hingga tgl 26 Desember 2016 pukul 24:00  truk-truk angkutan barang non-BBM dan bahan pokok, dilarang memasuki ruas jalan bebas hambatan (tol). 

Yakni di tol Merak-Jakarta, Kembangan - JORR W2- Cikunir, Cawang - Cileunyi, Cawang - Brebes Timur , Cawang - Bogor-Ciawi.  

Namun, sejumlah truk masih diperkenankan melalui jalan umum lainnya, dan sifatnya situasional, tergantung kepadatan kendaraan di jalan tol.

Kompas TV Penyebab Kemacetan Parah Saat Libur Natal
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.