Gempa di Pidie Jaya, Sejumlah Infrastruktur Kelistrikan Mengalami Kerusakan

Kompas.com - 07/12/2016, 16:32 WIB
Tim SAR mencari korban yang tertimpa bangunan yang rubuh akibat gempa bumi berkekuatan 6,4 skala richter, di Pidie, Aceh, Rabu (7/12/2016). Puluhan orang tewas dalam peristiwa yang terjadi pukul 05.03 WIB ini. AFP PHOTO / CHAIDEER MAHYUDDINTim SAR mencari korban yang tertimpa bangunan yang rubuh akibat gempa bumi berkekuatan 6,4 skala richter, di Pidie, Aceh, Rabu (7/12/2016). Puluhan orang tewas dalam peristiwa yang terjadi pukul 05.03 WIB ini.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Gempa bumi berkekuatan 6,5 skala richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, pada 05.03 WIB menimbulkan korban jiwa dan merusak beberapa bangunan dan infrastruktur kelistrikan yang ada di sana.

"Akibat kuatnya goncangan gempa, sebanyak 84 trafo distribusi milik PLN perlu pemulihan lebih lanjut akibat jatuh dari posisinya yang berada di atas tanah," ujar Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Wilayah Aceh, Bahrul Halid dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/12/2016).

Bahrul mengatakan, kabel jaringan listrik tegangan menengah sepanjang 500 meter sirkit (ms) di Samalanga dan 25 kilometer sirkit (kms) di Meureudu-Beurenun juga ikut mengalami kerusakan.

Sementara itu, jaringan listrik tegangan menegah mengalami kerusakan akibat roboh, yakni sebanyak 48 tiang dan tegangan rendah sebanyak 60 tiang.

"Lokasi kerusakan berada di tiga titik, yakni Samalanga, Meureudu dan Beureunun," ucap Bahrul.

Bahrul menambahkan, adanya gangguan dalam sistem kelistrikan tersebut menyebabkan listrik tidak tersalurkan sebesar 500 kilowatt (kW) di Samalangan dan 6 megawatt (MW) di Beureunun-Meureudu.

"Area di Samalanga, Meureudu dan Beureunun sempat mengalami pemadaman listrik sesaat setelah gempa yang berdampak pada sekitar 40 ribu pelanggan PLN," tambahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PLN menyadari sepenuhnya bahwa pasokan listrik merupakan infrasrtuktur vital dalam proses pemulihan pasca gempa. Karena itu sesaat setelah gempa, di tengah gempa susulan yang masih terus terjadi, petugas PLN langsung melakukan upaya penormalan terhadap instalasi yang terganggu.

Baca tentang


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X