Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terminal Tirtonadi Solo Segera Terapkan E-Ticketing

Kompas.com - 07/12/2016, 21:29 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Terminal terbesar di Kota Solo, Tirtonadi, terus meningkatkan layanannya jelang akhir 2016 ini. Salah satunya fasilitas yang akan segera hadir adalah sistem tiket elektronik atau e-ticketing.

"Desember ini kami akan mulai," ujar Kepala Tata Usaha Terminal Tirtonadi Joko Sutrianto di Solo, Rabu (7/12/2016).

Pengelolaan sistem e-ticketing di Terminal Tirtonadi bekerjasama dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda) yang juga menunjuk pihak ketiga untuk menjual tiket bus secara online.

Nantinya masyarakat bisa memesan tiket melalui gerai resmi, loket tiket di terminal, Payment Point Online Bank (PPOB), hingga aplikasi di smartphone.

Organda sendiri kata Joko, sudah melakukan sosialiasi kepada masyarakat tentang sistem tiket elektronik. Meski begitu pengelola tetap menyediakan loket tiket di terminal untuk melayani masyarakat yang tidak bisa memesan tiket secara online.

Selain itu, masyarakat juga bisa memilih operator bus saat pemesanan tiket online. Bahkan, bisa pula memilih tempat duduk layaknya check in online pada angkutan penerbangan.

Seiring rencana penerapan sistem e-ticketing, pengelola Terminal Tirtonadi akan meminta penumpang untuk datang 45 menit sebelum keberangkatan.

Ruang tunggu keberangkatan pun sudah disedikan dengan berbagai fasilitas penunjang mulai pendingin ruangan (AC) hingga televisi layar datar.

Bahkan, akan ada skema kompensasi untuk penumpang dari perusahaan otobus bila terjadi keterlambatan pemberangkatan. Persis layaknya kompensasi penumpang pesawat saat terjadi delay penerbangan.

Hingga saat ini kata Joko, sudah ada 11 perusahaan otobus (PO) yang siap menerapkan sistem penjualan tiket secara online tahap awal.

Diharapkan sisanya bisa siap dan segara menyusul. Terminal Tirtonadi sendiri rencananya akan diresmikan pada pertengahan Desember 2016 ini. Meski begitu, jadwal peresmian masih menunggu perkembangan lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com