Menhub Instruksikan Jajaran Terkait Bantu Penanganan Pasca Gempa Aceh

Kompas.com - 08/12/2016, 12:35 WIB
Aparat TNI/Polri bersama tim Basarnas mencari korban yang tertimbun bangunan pasar Meureudu yang roboh akibat bencana gempa di Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie jaya, Aceh, Kamis, (8/12/2016). Sebagian korban sudah teridentifikasi dan sebagian lagi masih dalam proses pendataan serta korban luka sendiri berjumlah 128 orang luka berat, dan 489 orang luka ringan, 86 unit rumah, 105 ruko, 13 unit masjid rusak berat. KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGAparat TNI/Polri bersama tim Basarnas mencari korban yang tertimbun bangunan pasar Meureudu yang roboh akibat bencana gempa di Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie jaya, Aceh, Kamis, (8/12/2016). Sebagian korban sudah teridentifikasi dan sebagian lagi masih dalam proses pendataan serta korban luka sendiri berjumlah 128 orang luka berat, dan 489 orang luka ringan, 86 unit rumah, 105 ruko, 13 unit masjid rusak berat.
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca terjadinya musibah gempa bumi di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Aceh pada Rabu (7/12/2016) menimbulkan beberapa kerusakan mulai dari infrastuktur jalan, fasilitas sosial dan fasilitas umum.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, rasa prihatinya atas musibah yang melanda Aceh.

"Saya atas nama Kemenhub sudah mengkoordinasikan beberapa stakeholder transportasi, baik di udara, darat dan laut," ujar Menhub disela-sela Acara Marketeers Conference 2017 di Pasific Palace Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Menhub menambahkan, beberapa pemangku kepentingan telah menyediakan beberapa sarana transportasi untuk mengirimkan logistik bantuan menuju Aceh.

"Beberapa stakeholder sudah menyediakan pesawat, kapal, dan beberapa transportasi darat," tambahnya.

Dia menjelaskan, untuk masyarakat atau berbagai pihak yang ingin mengirimkan bantuan ke Aceh bisa menghubungi contact center Kemenhub.

Jadi, bila ada pihak ada yang ingin mengirimkan barang untuk melakukan kegiatan disana bisa mendaftarkan ke contact center Kemenhub di 151.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Insya Allah secara bergilir kami bisa mengantarkan secara gratis pihak-pihak yang ingin mengirimkan bantuan kesana," jelasnya.

Budi mengatakan, hingga saat ini sudah ada empat maskapai dan dua operator kapal laut yang membantu pengiriman logistik secara gratis ke Aceh.

Sedangkan untuk kerusakan infrastuktur, pihaknya sedang menginvetarisir kerusakan yang tejadi.

"Sedang kami inventarisir, pelabuhan dan bandara tidak masalah, jalan ada beberapa yang rusak. Kami koordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," pungkasnya.

(Baca: Gempa di Pidie Jaya, Sejumlah Infrastruktur Kelistrikan Mengalami Kerusakan)

Kompas TV Gempa 6,5 SR Guncang Aceh



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.