Imbas "Brexit", Paris Siap Sambut Perbankan yang Pindah dari Inggris

Kompas.com - 08/12/2016, 14:00 WIB
. catholicherald.co.uk.
|
EditorAprillia Ika

PARIS, KOMPAS.com - Regulator industri keuangan Perancis menyatakan beberapa bank besar sudah mencapai tahap lanjutan terkait rencana pemindahan beberapa operasional dari London, Inggris ke Paris. Hal tersebut diutarakan oleh Sekretaris Jenderal AMF Benoit de Juvigny.

Keluarnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa pasca referendum beberapa waktu lalu menciptakan ketidakpastian.

Status London sebagai pusat keuangan dunia dikhawatirkan bakal hilang, membuat banyak perusahaan keuangan merencanakan keluar dari ibukota Inggris itu.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi BBC seperti dikutip Kamis (8/12/2016), de Juvigny mengungkapkan, bank-bank internasional besar telah melakukan due diligence yang dibutuhkan untuk mengoperasikan kantor di ibukota Perancis tersebut.

Selain itu, banyak pula perusahaan lainnya telah meminta informasi secara informal terkait kepindahan pasca Brexit.

De Juvigny mengungkapkan, pembicaraan terkait hal tersebut diprediksinya juga dilakukan di beberapa kota besar yang merupakan pusat keuangan di kawasan Eropa.

Otoritas keuangan di Frankfurt, Luxembourg, dan Amsterdam menyatakan mereka siap menyambut perbankan yang memindahkan operasional dari London ketika Inggris keluar dari Uni Eropa.

Selama bertahun-tahun, perusahaan-perusahaan keuangan yang berkantor pusat di Inggris bisa dengan leluasa beroperasi di seluruh Eropa. Hal ini disebabkan adanya hak paspor.

Namun, skema tersebut bisa berakhir ketika Inggris meninggalkan Uni Eropa. Selain itu, tidak ada jaminan pula skema itu akan digantikan dengan perjanjian yang serupa.

Ketidakpastian tersebut yang membuat banyak perusahaan keuangan dan khususnya perbankan internasional befencana memindahkan bisnis mereka ke negara yang masih menjadi anggota Uni Eropa.

Ada setidaknya delapan kota yang siap menyambut perbankan dan perusahaan yang ingin kabur dari Inggris, seperti Paris, Frankfurt, Dublin, Luxembourg, Amsterdam, Madrid, Bratislava, dan Valletta.

Kompas TV Dampak Brexit, Terkendali atau Tidak?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.