Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Siapkan Layanan Perbankan untuk PTPP

Kompas.com - 08/12/2016, 16:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.

Kerja sama ini memungkinkan Bank Mandiri menyediakan layanan dan produk perbankan serta pembiayaan yang dibutuhkan oleh BUMN yang bergerak di bidang infrastruktur tersebut.

SEVP Corporate Banking Bank Mandiri Alexandra Askandar menjelaskan, kerja sama tersebut dimaksudkan sebagai sinergi dua BUMN dalam mengakselerasi pengadaan sejumlah infrastruktur yang diyakini akan mempercepat laju pertumbuhan ekonomi nasional.

Kerja sama ini juga guna mewujudkan program pemerintah pada penciptaan kemandirian ekonomi Indonesia.

“Kami menyadari infrastruktur yang kuat menjadi salah satu prasyarat bagi tercapainya laju pertumbuhan ekonomi yang sehat dan berkelanjutan. Oleh karena itu, Bank Mandiri berkomitmen untuk mendukung seluruh pelaku utama di sektor infrastruktur ini, termasuk PT PP,” kata Alexandra dalam keterangan resmi, Kamis (8/12/2016).

Bank Mandiri akan menyiapkan layanan perbankan yang dibutuhkan oleh PT PP dan anak perusahaannya guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perseroan. Ini juga akan mendukung aksi korporasi PT PP seperti penerbitan obligasi maupun penjualan saham ke publik.

Bank Mandiri juga akan menyiapkan pembiayaan terhadap berbagai proyek PT PP dan perusahaan anak, baik dalam bentuk sindikasi maupun bentuk lain sesuai jenis proyek yang dibiayai.

“Dengan demikian, proyek-proyek PT. PP dan perusahaan anak, terutama yang sudah ada di pipeline, dapat segera dikerjakan dan diselesaikan sesuai rencana,” tutur Alexandra.

Hingga Oktober 2016, komitmen pembiayaan Bank Mandiri ke sektor infrastruktur mencapai Rp 96,9 triliun, meningkat 53 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Dari nilai tersebut, komitmen pembiayaan terbesar diberikan ke proyek-proyek di sektor transportasi yang mencapai Rp 37,1 triliun, proyek pembangkit tenaga listrik sebesar Rp 32,1 triliun, pembangunan jalan tol Rp 15,4 triliun dan sektor telekomunikasi sebesar Rp 12,4 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com