Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Gandeng AFI KLM E&M Dukung Layanan Komponen Pesawat

Kompas.com - 08/12/2016, 20:51 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan AirAsia menggandeng Air France Industries KLM Engineering & Maintenance (AFI KLM E&M) untuk mendukung layanan komponen pesawat A320neo. 

Hal tersebut dituangkan perjanjian kerja sama yang ditandatangani oleh CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes dan CEO Air France, Franck Terner, di Sepang, Malaysia, Kamis (8/12/2016).

CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes mengatakan, dengan pengalaman melayani maskapai induk maupun maskapai klien dalam skala besar, AFI KLM E&M berkompetensi untuk menawarkan solusi perawatan bagi maskapai yang mengoperasikan armada dalam jumlah besar seperti AirAsia.

Kami sangat senang bermitra dengan AFI KLM E&M, yang tangguh dan juga dinamis seperti AirAsia. Mengoperasikan armada pesawat generasi terbaru dalam skala besar membutuhkan dukungan pelayanan yang adaptif dan berkelas dunia, dan kami yakin sepenuhnya bahwa AFI KLM E&M mampu menyediakan hal tersebut," ujar Tony dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Adapun ruang lingkup kerja samanya mencakup pelayanan dan solusi perbaikan komponen yang dirancang khusus guna memaksimalkan ketersediaan pesawat, termasuk penyediaan suku cadang di fasilitas AirAsia yang berbasis di Kuala Lumpur.

Tony menuturkan, AirAsia telah membuktikan efektifitas dari AFI KLM E&M melalui layanan MRO yang mereka sediakan untuk perawatan armada A330 yang dioperasikan oleh AirAsia X, anak perusahaan Grup AirAsia yang melayani penerbangan hemat biaya jarak jauh.

"Kerja sama tersebut membuahkan hasil yang sangat memuaskan sehingga kontrak awal yang ditandatangani di tahun 2009 kembali diperpanjang pada 2013 lalu," katanya.

Sementara itu, CEO Air France, Franck Terner mengatakan, pihaknya sangat terhormat AFI KLM E&M kembali dipercaya AirAsia sebagai penyedia layanan perawatan pesawat bagi armada A320neo. "Saya yakin Anne Brachet dapat menjadi mitra yang cermat dan terpercaya bagi AirAsia di masa mendatang," tandasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com