Ini Cara BUMN Panas Bumi Cegah Praktik KKN

Kompas.com - 09/12/2016, 19:04 WIB
KOMPAS/JITET Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bertepatan dengan Hari Anti Korupsi Sedunia, PT Geo Dipa Energi (Persero) yang merupakan sebuah BUMN panas bumi mendeklarasikan Geo Dipa Bersih.

Deklarasi ini merupakan bagian dari penerapan Good Corporate Governance (GCG) perseroan. Penerapan (GCG) bagi Geo Dipa adalah sebuah keharusan dan kebutuhan.

"Nilai positif yang didapat Geo Dipa dengan ber-GCG adalah Geo Dipa akan akan lebih dipercaya pemegang saham dan para pemangku kepentingan, mitra kerja, publik dan pekerja," kata Direktur Utama Geo Dipa, Riki Firmandha Ibrahim dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Jumat (9/12/2016).

Riki menambahkan, nilai positif yang lainnya adalah, Geo Dipa akan lebih efisien atas semua pekerjaan yang diberikan oleh mitra kerjanya. 

"Geo Dipa yang ber-GCG ditandai dengan adanya program terobosan oleh Direksi Geo Dipa melalui program Geo Dipa Bersih," tambah Riki.

Geo Dipa Bersih adalah komitmen perusahaan dalam penerapan GCG, dengan seluruh pegawai Geo Dipa melaksanakan etika usaha dan tata perilaku (Code of Conduct) serta mematuhi dan melaksanakan tata kelola perusahaan (Code of Corporate Governance).

Geo Dipa Bersih juga merupakan komitmen semua pegawai Geo Dipa untuk tidak menerima suap, anti korupsi, menjalankan kepengurusan perusahaan mengacu pada lima pilar yaitu secara transparan, akuntabel, mandiri, penuh tanggung jawab dan wajar.

Corporate Secretary Geo Dipa, Endang Iswandini menegaskan bahwa Geo Dipa berkomitmen untuk membangun sistem yang lebih baik untuk mencegah praktek KKN dan untuk lebih memperhatikan masalah kepatuhan dan peraturan perundang-undangan.

Komitmen ini melibatkan Komisaris, Direksi, pegawai dan para mitra kerja Geo Dipa yang berpartisipasi dalam mewujudkan Geo Dipa sebagai BUMN yang menerapkan Good Corporate Governence dan antikorupsi.

Geo Dipa Energi (Persero) merupakan sebuah BUMN panas bumi yang saat ini mengelola dua pembangkit listrik yakni unit Dieng dan unit Patuha dengan produksi saat ini 93 Mw (Megawatt).

Geo Dipa menargetkan program Operational Excellent untuk pengoperasian PLTP Dieng Unit 1 dan dan PLTP Patuha Unit 1 untuk mencapai kapasitas produksi 100 MW di tahun 2017.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorM Fajar Marta
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X