Negara Produsen Minyak Capai Kesepakatan Baru, Harga Minyak Perkasa

Kompas.com - 13/12/2016, 06:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

LONDON, KOMPAS.com – Harga minyak dunia menguat hingga mencapai level tertingginya sejak Juli 2015.

Penguatan ini terjadi setelah negara-negara produsen minyak yang bukan merupakan anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) setuju untuk memangkas produksi minyak mereka.

Mengutip BBC, Senin (12/12/2016), acuan harga minyak Brent menguat signfiikan menjadi 57,89 dollar AS per barrel, yang merupakan level tertinggi sejak Juli 2015.

Kemudian, acuan harga minyak Brent melorot ke level 56,79 dollar AS meski tetap menguat 4,5 persen.

Pada Sabtu (10/12/2016), negara-negara non-OPEC setuju untuk memangkas produksi mereka sebanyak 558.000 barrel per hari (bph) dalam kesepakatan yang dibuat untuk mengurangi banjir pasokan sekaligus menggenjot harga minyak.

Adapun OPEC bulan lalu menyatakan bakal memangkas produksi pula. OPEC berkomitmen uuntuk memangkas pasokan sebanyak 1,2 juta bph mulai Januari 2017 mendatang.

Adapun kesepakatan tersebut merupakan kesepakatan pemangkasan produksi pertama kalinya bagi OPEC dalam 15 tahun.

“Ketika pemangkasan diimplementasikan pada awal 2017, maka pasar minyak dunia akan bergeser dari surplus menjadi defisit,” kata analis di AB Bernstein.

Masih Ragu

Meski kesepakatan sudah dicapai, beberapa pihak masih ragu mengenai dampak jangka panjang kesepakatan pemangkasan produksi tersebut terhadap harga minyak dunia.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.