Surplus Pasokan Minyak Dunia Akan Berakhir pada 2017

Kompas.com - 14/12/2016, 12:00 WIB
Ilustrasi minyak ShutterstockIlustrasi minyak
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com — Besarnya pasokan minyak yang membanjiri pasar dunia diprediksi perlahan bakal menghilang.

Agensi Energi Internasional (IEA) memprediksi surplus pasokan minyak mentah dunia akan mulai menghilang pada paruh pertama tahun 2017, lebih cepat dari yang diperkirakan.

Namun, hilangnya surplus pasokan tersebut bisa dicegah dengan satu syarat utama, yakni Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan mitra-mitranya harus berkomitmen pada persetujuan mereka untuk memangkas produksi.

Mengutip CNN Money, Rabu (14/12/2016), OPEC telah setuju untuk memangkas produksi keseluruhannya sebesar 1,2 juta barrel per hari (bph) mulai Januari 2017 mendatang.

Kelompok negara produsen minyak non-OPEC, seperti Rusia, Meksiko, Kazakhstan, dan Oman, juga baru-baru ini sepakat untuk memangkas produksi minyak.

Aksi kolektif tersebut membantu mendongkrak harga minyak ke level tertinggi baru, yakni di atas 53 dollar AS per barrel pada awal pekan ini.

IEA mengungkapkan, jika semua pihak berkomitmen pada kesepakatan yang sudah dibuat, maka pasar akan cenderung bergerak menuju defisit pada semester I 2017 dengan estimasi penurunan sebesar 600.000 bph.

IEA juga memperingatkan bahwa outlook pasar minyak global masih diselimuti ketidakpastian dalam jangka panjang.

Penyebabnya adalah pemangkasan produksi hanya disepakati selama enam bulan dan akan ditinjau kembali pada Mei 2017.

Anggota OPEC ingin memangkas produksi minyak guna mendorong harga minyak lebih tinggi, tetapi hanya dalam batasan tertentu.

Jika harga minyak menguat terlalu tinggi, maka produsen-produsen minyak dengan biaya tinggi termasuk industri minyak serpih AS dapat melakukan produksi lagi.

IEA juga mencatat bahwa beberapa produsen minyak serpih AS sudah membuat investasi-investasi baru.

Setidaknya 161 rig kembali beroperasi sejak Mei 2016, ketika jumlah rig yang beroperasi turun hanya menjadi 316.

Kompas TV Negara OPEC Sepakat Pangkas Produksi Minyak

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X