Permudah Pembayaran BPJS Kesehatan, Bank Mandiri Gandeng Tokopedia

Kompas.com - 15/12/2016, 15:08 WIB
Acara Kerja Sama Bank Mandiri dan Tokopedia dalam mempermudah pembayaran BPJS Kesehatan di Plaza Mandiri, Jakarta, (15/12/2016). Pramdia Arhando Julianto/Kompas.comAcara Kerja Sama Bank Mandiri dan Tokopedia dalam mempermudah pembayaran BPJS Kesehatan di Plaza Mandiri, Jakarta, (15/12/2016).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk bekerja sama dengan perusahaan e-commerce Tokopedia dalam memperluas akses dan mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Senior Vice President Bank Mandiri Teddy Y Danas dan Direktur Utama Tokopedia William Tanuwijaya, disaksikan Direktur Digital Banking and Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans.

Dengan itu, Bank Mandiri akan menyiapkan layanan paket pembayaran online (PPOB) Modern Channel pada aplikasi Tokopedia yang memungkinkan masyarakat pengguna Tokopedia untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan menggunakan Mandiri Clickpay, Mandiri Kartu Kredit dan Kartu Debit, dan Mandiri Ecash.

Rico menjelaskan, sebagai mitra BPJS Kesehatan, pihaknya berkomitmen untuk aktif memperluas akses pembayaran bagi masyarakat, khususnya melalui akses elektronik sehingga pembayaran iuran BPJS Kesehatan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

"Kami menyadari, kemudahan akses sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan keaktifan masyarakat dalam membayar iuran BPJS Kesehatan mengingat iuran tersebut dibutuhkan untuk memberikan layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia," ujar Rico di Plaza Mandiri Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Rico menambahkan, pembayaran iuran BPJS Kesehatan di Bank Mandiri dapat dilakukan melalui lebih dari 22.500 jaringan kantor cabang serta merchant-merchant retail yang telah bekerja sama dengan Bank Mandiri seperti Alfamart.

Di samping itu, pembayaran dapat dilakukan melalui jaringan elektronik seperti ATM, Internet Banking dan Mobile Banking. Direktur Utama Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan, layanan pembayaran iuran BPJS Kesehatan sudah dimulai sejak bulan September 2016.

“Namun, baru hari ini grand launching. Selama masa pre-launching, kami sudah memproses miliaran rupiah premi. Dengan ini juga, Tokopedia menjadi marketplace pertama Indonesia yang bisa menerima pembayaran BPJS Kesehatan," ungkap William.

Sementara itu, berdasarkan data Bank Mandiri pada periode Januari hingga September 2016, pembayaran iuran BPJS melalui Bank Mandiri tercatat sebesar Rp 25,5  triliun yang dilakukan melalui lebih dari 274.000 transaksi badan usaha dan 5,43 juta transaksi peserta.

Kompas TV BPJS Masih Defisit Hingga Rp 7 Triliun



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X