Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badan Ekonomi Kreatif Perluas Jaringan ke Australia

Kompas.com - 15/12/2016, 20:09 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comBadan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memperluas jaringannya ke Australia dengan menggandeng Adelaide Festival Centre Trust. Kedua institusi menandatangai perjanjian kerja sama pada Kamis (15/12/2016).

Adelaide Festival Centre Trust adalah penyelenggaran OzAsia, sebuah festival kesenian internasional pertama di Australia yang fokus terhadap seni kontemporer Asia.

OzAsia menyajikan program tahunan yang menampilkan teater, tari, musik, film, dan visual art dari Asia.

Perjanjian kerja sama ini ditandatangani oleh wakil kedua belah pihak, yaitu Deputi IV Bidang Pemasaran Josua Puji Mulia Simanjuntak dari Bekraf dan Michael Abbott Pimpinan Festival The OzAsia, mewakili Adelaide Festival Centre Trust.

Kepala Bekraf Triawan Munaf antara lain mengatakan, melalui kerja sama ini, diharapkan seniman Indonesia dan hasil karya seniman Indonesia dapat dikenal dan bersaing di tingkat internasional, yaitu OzAsia Festival.

“Penandatanganan perjanjian kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat dan meningkatkan kolaborasi antara Bekraf dan Adelaide Festival Centre Trust sebagai penyelenggara OzAsia Festival," ujarnya di Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Triawan berharap, agar OzAsia dapat menjadi wujud partisipasi seniman Indonesia dalam memperlihatkan karya seni mereka dan terjalinnya kerja sama seniman Indonesia dan seniman Australia. "Ratusan seniman tampil pada OzAsia 2016.

Sehingga, event bergengsi ini menjadi ajang yang tepat untuk mempromosikan dan memasarkan karya seniman Indonesia,” katanya.

Kedua belah pihak akan bekerja sama memfasilitasi seniman Indonesia untuk berpartisipasi aktif di Oz Asia.

Demikian pula OzAsia akan melaporkan kepada Bekraf perihal jumlah penonton, penjualan tiket, jaringan industri, dan publikasi.

Perjanjian kerja sama ini berlaku dua tahun ke depan atau sampai dengan tanggal 15 Desember 2018.

Deputi VI Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah menambahkan bahwa perjanjian kerja sama ini dapat meningkatkan hubungan baik Indonesia dan Australia.

Ke depan, diharapkan lebih banyak lagi seniman Indonesia yang akan tampil di OzAsia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com