Suku Bunga The Fed Naik, Sri Mulyani Yakin Ekonomi Nasional Tetap Solid

Kompas.com - 15/12/2016, 20:39 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat acara Kompas 100 CEO Forum di Jakarta Convention Center, Kamis (24/11/2016). Para CEO yang tercatat dalam indeks Kompas 100 berkumpul dan berdiskusi dalam Kompas 100 CEO Forum. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOMenteri Keuangan Sri Mulyani saat acara Kompas 100 CEO Forum di Jakarta Convention Center, Kamis (24/11/2016). Para CEO yang tercatat dalam indeks Kompas 100 berkumpul dan berdiskusi dalam Kompas 100 CEO Forum.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani meyakini sentimen negatif pasca kenaikan suku bunga bank sentral AS, The Fed, tidak akan membuat goyah ekonomi nasional.

Sebab, kata perempuan yang kerap disapa Ani itu, Indonesia memiliki fondasi ekonomi yang kokoh.

"Indonesia termasuk emerging market yang size dan level pertumbuhan ekonominya lebih baik dibandingkan negara emerging market yang lain," ujar Ani di Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Selain pertumbuhan ekonomi yang di atas 5 persen, Indonesia kata Ani juga termasuk negara yang memiliki defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kecil. Begitu pula dengan neraca pembayaran dan utang yang relatif terkendali.

"Ini saja sudah memberikan suatu fondasi yang solid bahwa indonesia bisa dibedakan dengan negara lain dalam arti yang positif," kata ia.

Apalagi menurut Ani, kepercayaan pasar kepada Indonesia masih tinggi. Buktinya tutur ia, surat utang pemerintah masih diminati di pasaran.

Sebelumnya, Bank sentral AS, The Fed menaikkan suku bunga acuannya untuk pertama kali pada tahun ini. Hal ini diprediksi akan diikuti oleh naiknya suku bunga pinjaman pada 2017.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

The Fed beralasan bahwa naiknya suku bunga acuan ini didasarkan pada proyeksi mengenai naiknya inflasi dan ketatnya pasar tenaga kerja.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.