Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditenagai Saham-saham Sektor Finansial, Wall Street Ditutup Menguat

Kompas.com - 16/12/2016, 07:06 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Saham-saham di Wall Street ditutup menguat di akhir perdagangan Kamis atau Jumat (16/12/2016) dini hari waktu Indonesia. Penguatan ditenagai oleh saham-saham perbankan yang berbalik arah setelah sebelumnya melemah merespon keputusan The Fed menaikkan suku bunga acuannya.

Pengumuman The Fed pada Rabu menyebabkan pelemahan pasar terbesar sejak pelaksanaan pilpres AS pada 8 November. Namun demikian, para investor kembali melakukan aksi beli yang membuat harga berbagai saham menguat, termasuk juga dollar AS.

"Kami kembali pada posisi di mana semuanya berharap bahwa iklim ekonomi yang pro pertumbuhan, yakni pro-growth, pro-business, dan kelonggaran regulasi," ujar Art Hogan, chief market strategist pada Wunderlich Securities sebagaimana dikutip dari AFP.

Indeks Dow Jones Industrial menguat 0,3 persen dan berakhir di 19.852,24. Sementara itu indeks S&P 500 ditutup naik 0,4 persen menjadi 2.262,03, sedangkan indeks Nasdaq menguat 0,4 persen menjadi 5.456,85.

Saham-saham sektor finansial memimpn penguatan di bursa AS, seperti halnya JPMorgan Chase naik 1,5 persen, Bank of America 2,2 persen dan Citigroup 1,3 persen.

DI sisi lain, saham Yahoo anjlok 6,1 persen di tengah kekhawatiran bocornya data users akan menggagalkan aksi akuisisi oleh Verizon atas aset senilai 4,8 miliar dollar AS. Di sisi lain, saham Verizon menguat 0,4 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com