Alfamart: Donasi Konsumen Disalurkan untuk Siswa Kurang Mampu dan Bukan untuk Politik

Kompas.com - 17/12/2016, 18:56 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart membantah bahwa donasi yang dikumpulkan dari konsumen disalurkan untuk kampanye politik.

General Manager Corporate Communication Sumber Alfaria Trijaya, Nur Rachman menuturkan program donasi konsumen yakni "Membangun untuk Negeri" ditujukan untuk membantu siswa yang kurang mampu di seluruh pelosok Tanah Air.

Melalui program yang digelar hingga 31 Desember 2016 ini, Alfamart menyalurkan berbagai paket perlengkapan sekolah seperti seragam, tas, alat tulis, sepatu bagi siswa yang kurang mampu. Selain itu, dana yang dihimpun juga digunakan untuk membangun fasilitas publik seperti jembatan dan MCK bekerja sama dengan Yayasan Berani Bhakti Bangsa.

"Melalui program donasi konsumen, perusahaan mengajak masyarakat luas berpartisipasi dalam berbagai aksi kemanusiaan yang bertujuan membantu masyarakat luas di berbagai sektor mulai dari pendidikan, kesehatan, serta sosial yang dihimpun selama periode tertentu," ujar Nur Rachman dalam keterangan resminya, Sabtu (17/12/2016).

Dalam pelaksanaannya, perusahaan bekerja sama dengan berbagai lembaga yang kredibel berskala nasional dan internasional seperti PMI, UNICEF, Happy Heart Fund, Yayasan Berani Bhakti Bangsa, Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, Kick Andy Foundation, dan sebagainya.

Adapun kriteria pemilihan yayasan, diantaranya memiliki izin legalitas, struktur organisasi, tidak terkait SARA maupun Politik.

"Untuk setiap program sosial yang dijalankan bersama yayasan, perusahaan telah memperoleh izin penggalangan dana masyarakat dari Kementerian Sosial RI, serta berkewajiban memberikan laporan pertanggungjawaban secara periodik," lanjut Nur Rachman.

Adapun mekanisme penggalangan donasi di toko, mengedepankan prinsip sukarela. Di mana konsumen memiliki hak sepenuhnya dalam menentukan kesediaannya berdonasi melalui Alfamart.

Sesuai Standard Operating Procedure (SOP) perusahaan, pada saat transaksi belanja, kasir akan menawarkan kesediaan konsumen untuk berpartisipasi dalam program sosial yang sedang berjalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.