Kapitalisasi Industri Migas Kalah dengan Industri Media Sosial

Kompas.com - 19/12/2016, 16:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri minyak bumi dan gas dinilai masih kurang kompetitif. Hal itu terlihat dari perkembangan perusahaan migas di Indonesia, baik perusahaan migas nasional maupun asing.

Hal itu dikatakan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan saat menghadiri diskusi akhir tahun minyak dan gas bumi yang digagas Harian Kompas, Senin (19/12/2016).

Jonan mencontohkan, salah satu perusahaan migas asal Amerika Serikat (AS) Chevron Pacific Indonesia pertumbuhan kapitalisasinya sangat jauh jika dibandingkan dengan perusahaan media sosial milik Mark Zuckerberg, yakni Facebook.

"Chevron itu kapitalisasi atau harga perusahaannya per kemarin 222 miliar dollar AS, padahal umurnya sudah 150 tahun," kata Jonan. 

"Facebook itu dibuat 10 tahun, yang buat tidak selesai sekolah, nilai pasarnya per Jumat (16/12/2016) sebesar 348 miliar dollar AS. Ini fakta."

Menurut mantan Menteri Perhubungan ini, harus ada perubahan baik dari sisi regulasi maupun pendukung lainnya agar industri migas di Indonesia bisa lebih kompetitif dibandingkan saat ini.

"Ini pesan yang ingin kami teruskan. Presiden ingin semua sektor industri makin lama makin kompetitif," pungkasnya.

(Baca: Mengurai Simalakama Migas Indonesia)

Kompas TV Proyek Migas Masela Mundur ke 2020
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.