Kompas.com - 20/12/2016, 06:00 WIB
ILUSTRASI - Mario Bros tomgigabite / Shutterstock.comILUSTRASI - Mario Bros
|
EditorAprillia Ika

HONGKONG, KOMPAS.com - Saham perusahaan permainan asal Jepang Nintendo merosot cukup tajam, bahkan hingga mencapai 11 persen. Penurunan saham Nintendo tersebut terjadi pasca diluncurkannya permainan Super Mario Run.

Mengutip CNN Money, Senin (19/12/2016), saham Nintendo melorot 7,1 persen pada perdagangan waktu setempat.

Dengan demikian, saham Nintendo sudah melemah 11 persen sejak permainan tersebut diluncurkan pada perangkat Apple iPhone dan iPad pada Kamis (15/12/2016).

Awalnya, Super Mario Run tampaknya akan menuai kesuksesan. Namun, nyatanya banyak pecinta permainan teknologi tidak menyukai permainan tersebut, di mana hampir separuh dari 50.000 ulasan pada App Store AS cenderung negatif dan membuat peringkat Super Mario Run hanya 2,5 dari 5.

Menurut analis Junko Yamamura dari Nomura Securities, para investor sudah memasang ekspektasi tinggi terhadap permainan tersebut. Alasannya, ini adalah permainan mobile pertama yang menampilkan tokoh Mario.

Nintendo bukan hanya emiten yang sahamnya terdampak dari buruknya ulasan mengenai Super Mario Run.

DeNa, perusahaan yang membantu mengembangkan permainan tersebut, harus rela sahamnya merosot persen sejak Super Mario Run diluncurkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan sebelum peluncurannya, para analis merasa skeptis terhadap Super Mario Run. Mereka meragukan apakah permainan itu bisa mendongkrak kinerja bisnis Nintendo dan mempertanyakan alasan Nintendo hanya merilis permainan itu pada perangkat iPhone dan iPad.

Super Mario Run tidak mengadaptasi model "freemium" di mana pengguna tidak perlu membayar untuk mengunduh permainan namun harus melakukan pembelian intra aplikasi untuk mengakses lebih banyak fitur permainan.

Clash Royale dan Clash of Clans adalah contoh sukses permainan bermodel freemium, masing-masing mengantongi pendapatan 1 miliar dollar AS per tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.