Pertamina: Kenaikan Harga Solar Sangat Berpengaruh ke Inflasi

Kompas.com - 20/12/2016, 17:15 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) jenis solar sangat berpengaruh pada kenaikan harga bahan-bahan pokok. Kenaikan harga solar juga akan menyebabkan tingginya angka inflasi.

Hal tersebut disampaikan Wakil Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Jakarta, Selasa (20/12/2016).

Bagaimana tidak? Menurut pria yang akrab disapa Abe tersebut, truk-truk pengangkut bahan-bahan pokok umumnya mengkonsumsi solar untuk bahan bakar kendaraannya.

Maka, jika harga solar naik, secara otomatis pula harga bahan-bahan pokok akan naik.

"Pertamina ini untung dari solar juga tidak ada gunanya. Solar ini juga kan berpengaruh ke inflasi. Soalnya truk yang pakai solar kan mengangkut bahan-bahan pokok," ujar Abe.

Menurut Abe, meskipun Pertamina mengalami kerugian akibat harga solar yang tidak naik, namun di sisi lain Pertamina turut berupaya menekan angka inflasi.

Selain itu, meski tidak ada kenaikan harga di jenis Premium, Pertamina pun masih akan mencatatkan untung meski tidak terlalu signifikan.

"Premium masih oke, masih ada margin meskipun tipis banget, solar yang rugi," terangnya.

Sekadar informasi, selama tiga bulan kedepan, pemerintah telah menetapkan untuk tidak menaikan harga BBM jenis premium, solar dan minyak tanah juga tarif dasar listrik.

Hal tersebut dilakukan atas instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tingkat konsumsi dan daya beli masyarakat kembali meningkat.

(Baca: Jonan: Presiden Minta Harga Premium, Solar, Minyak Tanah, dan Listrik Tidak Naik Dulu)

Kompas TV Solar "Gak" Akan Naik Hingga September
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.