Kemenhub Cek Kelaikan Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 22/12/2016, 05:11 WIB
Achmad Fauzi/Kompas.com Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Suprasetyo saat melakukan ramp check pesawat di bandara Soekarno-Hatta, Tangerang (21/12/2016).

TANGERANG, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Suprasetyo, Rabu (21/12/2016), melakukan pemeriksaan kelaiakan pesawat atau ramp check di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. 

Ramp check ini dilakukan untuk memastikan kelaikan pesawat untuk terbang jelang musim libur Natal dan Tahun Baru 2017.

Didampingi Direktur Kelaikudaraan Pengoperasian Pesawat Udara, Muzafar Ismail dan Kepala Otoritas Bandara Soekarno-Hatta, Bagus Sundjoyo, Suprasetyo memeriksa pesawat dan awak pesawat  berada di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. 

"Ini kelanjutan ramp check yang kami lakukan sebelumnya. Kami periksa pesawat tidak secara random, tetapi kami perika semuanya," ujar Suprasetyo usai melakukan ramp check. 

Adapun, beberapa aspek pesawat yang yang diperiksa antara lain, mesin pesawat, ruang cockpit dan kondisi kabin dan cockpit di pesawat. Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan dokumen awak pesawat.

Setelah melakukan pengecekan, Suprasetyo memastikan kondisi semua pesawat dari berbagai maskapai sudah laik untuk melayani penerbangan pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2017. 

Naik

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi jumlah penumpang angkutan udara pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2017 meningkat 7 persen-8 persen dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu, jumlah penumpang pada musim libur tersebut sebesar 6,5 juta penumpang. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Suprasetyo mengatakan, terdapat tiga faktor yang mempengaruhi kenaikan jumlah penumpang pada musim libur tersebut. Tiga faktor itu yakni, cuaca, kondisi perekenomian, dan kondisi keamanan dalam negeri. 

"Jadi kalau cuaca dan perekenomina bagus, tetapi keamanan tidak kondusif tidak ada kenaikan penumpang," ujar Suprasetyo.

Kompas TV Persiapan Kepolisian Jelang Natal dan Tahun Baru



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorAprillia Ika

Close Ads X