Antam Gandeng Wika dan Kawasaki Bangun Smelter Feronikel di Halmahera Timur

Kompas.com - 22/12/2016, 14:40 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Aneka Tambang Tbk (Antam) berencana membangun pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) feronikel di Halmahera Timur senilai Rp 3,42 triliun dengan menggandeng konsorsium PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan Kawasaki Heavy Industries Ltd.

Direktur Utama Antam Teddy Badrujaman mengatakan, proyek ini merupakan salah satu proyek strategis Antam yang bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah potensi bijih nikel melalui kegiatan pengolahan menjadi feronikel.

"Pabrik feronikel Haltim akan meningkatkan kapasitas produksi feronikel perusahaan dari 27.000-30.000 ton nikel dalam feronikel (TNi) per tahun menjadi 40.500- 43.500 TNi per tahun," ujar Teddy di Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Teddy menambahkan, pabrik feronikel Halmahera Timur yang akan dibangun ini terdiri dari Rotary Dryer berkapasitas 170 ton per jam, Rotary Kiln kapasitas 165 ton per jam, Electric Smelting Furnace berkapasitas 60 MW, serta peralatan penunjang lainnya.

Pabrik ini rencananya akan dikerjakan dalam kurun waktu 28 bulan, dan diharapkan pada akhir 2018 sudah bisa menghasilkan.

Sementara itu, Direktur Utama Wijaya Karya, Bintang Perbowo, merasa optimistis pembangunan pabrik ini sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

"Kami optimistis proyek ini berjalan baik dan dapat memenuhi target dengan kolaborasi para engineer muda dan berpengalaman," tutur Bintang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.