"Rating Outlook" Fitch untuk Indonesia Membaik, Sri Mulyani Senang

Kompas.com - 22/12/2016, 15:07 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku senang dengan peningkatan rating Outlook Sovereign Credit dari "Stable" menjadi "Positive" yang diberikan lembaga pemeringkat Fitch Ratings (Fitch).

"Ini mengkonfirmasi beberapa upaya pemerintah untuk menjaga pondasi beberapa waktu lalu yang dianggap salah satu sumber yang memiliki potensi risiko seperti APBN," ujarnya di Jakarta, Kamis (22/12/2016).

Perbaikan outlook Sovereign Credit Rating Indonesia oleh Fitch mempertimbangkan tiga hal yakni rekam jejak stabilitas makroekonomi, kebijakan moneter dan nilai tukar, serta dorongan reformasi struktural untuk perbaikan iklim investasi.

Khusus di sektor fiskal kata perempuan yang kerap disapa Ani, pemerintah telah melakukan berbagai koreksi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang merupakan dapur ekonomi nasional. Koreksi itu dilakukan agar APBN bisa lebih kredibel.

"Saya rasa ini adalah penilaian positif dari Fitch dan saya harap ini nanti diterjemahkan lebih baik dari sisi upgrade rating kita," Ani.

Pemerintah, tutur ia, akan terus menyampaikan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki fundamental ekonomi yang kuat dengan didukung data-data valid. Kalau pun ada risiko ekonomi, pemerintah tidak akan tertutup.

Pemerintah justru siap menyampaikan langkah-langkah yang akan ditempuh untuk mengantipasi risiko ekonomi tersebut. Diharapkan dengan bagitu lembaga pemeringkat rating bisa memiliki kepercayaan kepada ekonomi Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.