Cerita Menhub yang Senang Naik Bus dengan Klakson "Telolet"

Kompas.com - 22/12/2016, 16:02 WIB
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berdialog dengan calon penumpang di Pelabuhan Soekarno Hatta saat melakukan peninjauan jelang Natal dan Tahun Baru, Senin (19/12/2016). Kontributor Makassar, Hendra CiptoMenteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berdialog dengan calon penumpang di Pelabuhan Soekarno Hatta saat melakukan peninjauan jelang Natal dan Tahun Baru, Senin (19/12/2016).
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Fenomena "om telolet om" menjadi viral masyarakat Indonesia bahkan dunia di media sosial.

Fenomena berawal dari anak kecil dipinggir jalan yang meminta sopir bus menyalakan klakson dengan bunyi "telolet".

Fenomena "om telolet om" ini juga tidak hanya populer di masyarakat saja. Bahkan, pejabat dalam negeri dan publik figur luar negeri pun ikut mengomentari  fenomena "om telolet om".

Tidak kecuali, Menteri Perhubungan Budi Karya yang ikut mengomentari fenomena tersebut.

Dirinya mengaku, sangat menyenangi bus dengan bunyi klakson "telolet".  Bahkan, bus dengan klakson "telolet" menjadi favoritnya saat berpergian jarak jauh. 

Saking favoritnya, Budi Karya pun pasti selalu menggukan bus dengan klakson "telolet" saat ingin ke Yogyakarta untuk berkuliah dulu. 

"Telolet saya senang sekali, ceritanya saya dulu sering naik bus ke Yogyakarta, saya selalu cari yang telolet," kata Budi Karya di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (21/12/2016). 

Untuk mengapreasiasi bus klakson, Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) pun menginisiasi adanya perlombaan khusus klakson "telolet" pada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). 

Dalam hal ini, Budi Karya kembali menegaskan, pihaknya tidak melarang sopir bus untuk menyalakan klakson dengan bunyi "telolet".

Dirinya hanya mengimbau agar tidak menyalakan klakson "telolet" di pinggir jalan.  "Jadi nggak mungkin saya melarang. Kalaupun ada pelarangan itu hanya yang dipinggir jalan," katanya.

Sebelumnya, Budi Karya Sumadi meminta kepada sopir bus agar tidak menyalakan suara klakson "telolet" saat kendaraan berjalan di jalan raya. 

Menurut dia, jika menyalakan di jalan raya maka dapat mengagetkan pengendara lain sehingga bisa terjadi kecelakaan. 

Kompas TV Fenomena “Om Telolet Om” Mendunia

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X