Jelang Natal, Gambir Didatangi 10.000 Calon Penumpang Kereta

Kompas.com - 23/12/2016, 14:49 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berbincang dengan penumpang kereta api di stasiun Gambir (23/12) Achmad FauziMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berbincang dengan penumpang kereta api di stasiun Gambir (23/12)
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jumat (23/12/2016) melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Stasiun Gambir, Jakarta guna memastikan pelayanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) saat musim libur Natal dan Tahun Baru 2017 tetap terjaga.

Didampingi Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Prasetyo Boeditjahyono dan Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro, Budi Karya memeriksa satu persatu perlengkapan dan pelayanan. Salah satunya yakni mesin pencetak tiket. 

Budi Karya juga sempat berbincang dengan salah satu penumpang kereta api. Setelah itu, dirinya melakukan pembicaraan jarak jauh atau teleconference dengan jajaran otoritas bandara, pelabuhan sejumlah daerah.

Budi Karya mengungkapkan, hari ini terjadi kenaikan penumpang di Stasiun Gambir pada musim libur Natal dan Tahun 2017.

"Di sini biasanya 7.000 penumpang sekarang sudah 10.000 penumpang. Demikian juga di senen biasanya 15 ribu penumpang  satu hari sekarang 20 ribu penumpang," ujar Budi Karya.

Namun demikian, dirinya memastikan semua pelayanan di kereta api sudah akan berjalan dengan baik. Salah satunya, pada pembelian tiket yang sudah menggunakan sistem online. 

"Sekarang ini proses ticketing  berjalan dengan baik. Jadi kita memberikan suatu kenaikan level service," katanya. 

Sebelumnya, Sukmoro mengatakan, pihaknya telah menyiagakan petugas  di seluruh stasiun. Ini dilakukan untuk memastikan pelayanan kepada seluruh penumpang.

Sebanyak253 petugas ekstra  disiagakan yang berjaga bergantian selama 24 jam "Mulai hari ini kami piket dari 23 Desember 2016 sampai 8 Januari 2017. Ini semuanya kami peruntukkan layanan yang baik kepada pelanggan. Dan untuk tiket rata-rata semuanya telah terjual," ucap Eddi.

Selain itu, terang Eddi, untuk memanjakan penumpang kereta api KAI memberikan fasilitas WIFI gratis di Stasiun Gambir.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X