Fitch Naikkan "Outlook Rating" Indonesia, Ini Komentar BI

Kompas.com - 23/12/2016, 16:03 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu lembaga pemeringkat internasional Fitch Rating meningkatkan outlook Sovereign Credit Rating Republik Indonesia dari "Stable" menjadi "Positive".

Hal ini pun mengafirmasi rating Indonesia pada BBB- (Investment Grade). Menanggapi hal tersebut, Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara menyatakan, dari lembaga pemeringkat internasional yang memberikan ratingnya kepada Indonesia seperti Fitch, Moody’s, dan Standard & Poor’s, memang Fitch yang mengamati Indonesia lebih seksama.

Mirza menyatakan, Fitch melihat kondisi perkenomian Indonesia lebih mendalam. “Jadi tidak heran jika Fitch yang pertama kali memberikan investment grade. Kalau sekarang mereka upgrade outlook dari netral menjadi positif, itu menunjukkan mereka mengenal baik perkembangan Indonesia,” kata Mirza di kantornya di Jakarta, Jumat (23/12/2016).

Bank sentral mengutarakan apresiasinya terhadap Fitch karena lembaga pemeringkatan tersebut adalah yang pertama menaikkan outlook sovereign credit rating Indonesia menjadi positif.

“Tentu mudah-mudahan saja setelah outlook upgrade jadi positif, mudah-mudahan rating-nya juga dinaikkan,” jelas Mirza.

Diberitakan sebelumnya, Fitch menyatakan bahwa faktor kunci yang mendukung perbaikan outlook Sovereign Credit Rating Indonesia, yaitu pertama, rekam jejak stabilitas makroekonomi yang dapat dijaga dengan baik oleh otoritas dalam beberapa tahun terakhir di tengah tantangan ekonomi global.

Fitch menyatakan bahwa perbaikan rating dimungkinkan apabila Indonesia mampu meningkatkan ketahanan sektor eksternal, melanjutkan perbaikan iklim investasi dan standar tata kelola, serta menjaga pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan pada tingkat yang lebih tinggi dibandingkan negara peers.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.