Proyek Kereta Api Jakarta-Surabaya Butuh Dana Rp 80 Triliun

Kompas.com - 23/12/2016, 20:24 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitanmedia Briefing di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Jumat (23/12/2016). Achmad FauziMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitanmedia Briefing di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Jumat (23/12/2016).
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman mengungkapkan proyek kereta api Jakarta-Surabaya akan menghabiskan dana sebesar RP 80 triliun.

Hal tersebut dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dalam media briefing di Kantornya, Jakarta, Jumat (23/12/2016).

"Mengenai biaya, kita ikut detail engineering. Angka yang dikeluarkan pihak Jepang sekitar Rp 102 triliun, tetapi kami putuskan pada Rp 80 triliun," ujar Luhut.

Luhut menuturkan, proyek kereta api Jakarta-Surabaya juga akan menggunakan skema Private Publik Partnership (PPP) atau Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Menurut dia, pihak Jepang sudah setuju proyek Jakarta-Surabaya menggunakan Skema PPP.

"Karena nilai proyek sangat besar, jadi kita mencari kombinasi sehingga tidak memberatkan APBN kita. kelihatan Jepang juga sepakat dengan ini. Jadi tinggal finalisasi," katanya.

Kereta api Jakarta-Surabaya bakal menggunakan tenaga listrik. kecepatan kereta api Jakarta-Surabaya diperkirakan mencapai 160 kilo meter per jam.

"Dengan kecepatan itu kira-kira 5 jam perjalanan dari Jakarta ke Surabaya," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.