Kompas.com - 28/12/2016, 17:00 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro memprediksikan, secara keseluruhan penumpang perjalanan kereta api sepanjang Natal dan Tahun Baru 2017 diprediksi mengalami peningkatan sekitar lima persen hingga enam persen dibandingkan tahun lalu.

"Kita prediksi secara menyeluruh dari 23 Desember 2016 kemarin sampai 8 Januari 2017, kurang lebihnya 5 sampai 6 persen naik," ujar Edi usai membuka bazar UMKM mitra binaan di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (28/12/2016).

Menurut Edi, peningkatan jumlah penumpang sudah diperkirakan sebelumnya, sehingga pihaknya mengantisipasi dengan menyediakan gerbong tambahan untuk perjalanan kereta api jarak jauh.

"Jumlah penumpang untuk jarak jauh memang tergantung dari kursi yang kita sediakan. Karena memang kita sudah one man one seat," terangnya.

Sebelumnya, KAI melakukan penambahan enam perjalanan kereta api dengan jurusan Bandung-Jakarta. Penambahan perjalanan KA tersebut sebagai alternatif angkutan umum akibat Jembatan Cisomang yang bergerser.

Adapun, jadwal keberangkatan perjalanan KA tambahan dari Stasiun Gambir, antara lain pukul, 06.30 WIB, 11.45 WIB, dan. Pukul 00.35 WIB. Sementara, jadwal keberangkatan KA tambahan dari Stasiun Bandung pukul 07.35 WIB, 11.00 WIB, dan pukul 20.55 WIB.

Edi menuturkan, perjalanan KA tambahan Bandung-Jakarta ini sifatnya sementara hingga jembatan Cisomang bisa dilalui semua kendaraan.

"Sampai Cisomang selesai. Bandung-Jakarta ini juga kan arusnya signifikan," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.