KKP Minta Pemda Terbitkan Perda Larangan Menangkap Ikan Ukuran Khusus

Kompas.com - 29/12/2016, 18:01 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di 2017 berencana restocking atau menebar bibit ulang sebanyak 22 juta benih untuk meminimalisir kelangkaan ikan.

"Restocking 22 juta benih akan dilaksanakan di 91 lokasi penebaran dari 33 kabupaten kota dan 15 Provinsi," ujar Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto di Jakarta, Kamis (29/12/2016).

Meski tak menyebutkan nilai investasi untuk restocking, namun pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menangkap dan mengkonsumsi ikan yang usianya masih terbilang bibit untuk menjaga keseimbangan ketersediaan ikan.

"Kami ingin mengembalikan ikan lokal ke alam. Karena, jika yang tertangkap di alam sudah susah, itu menandakan ikannya sudah semakin habis," ucap Slamet.

Langkah lebih jauh lagi diupayakan KKP adalah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk segera menerbitkan peraturan daerah (Perda) terkait aturan penangkapan ikan.

"Kami mendorong pemerintah daerah membuat perda, agar ikan di perairan umum dengan ukuran tertentu tidak ditangkap," terangnya.

Mengapa pihaknya menggandeng Pemda, karena Pemda dianggap mampu untuk mensosialisasikan secara langsung ke masyarakat daerah sekitar.

"Mereka yang punya wilayah, sehingga kami memberikan himbauan untuk tidak boleh menangkap ikan dengan ukuran tertentu," pungkasnya.

Kompas TV Harga Ikan Fluktuatif Akibat Cuaca Buruk

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.