Bangunkan "Investor Tidur" Jadi Prioritas Bursa Tahun Depan

Kompas.com - 30/12/2016, 18:51 WIB
Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia Nicky Hogan, di Jakarta, Jumat (30/12/2016). Estu Suryowati/Kompas.comDirektur Pengembangan Bursa Efek Indonesia Nicky Hogan, di Jakarta, Jumat (30/12/2016).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tahun ini, jumlah investor yang aktif bertransaksi di pasar modal tercatat hanya 180.000 investor atau sekitar sepertiga dari total investor yang mencapai 530.000 investor.

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Nicky Hogan menyebutkan, membangunkan "investor tidur" menjadi salah satu program prioritas bursa pada tahun 2017.

"Prioritas tahun depan, di antaranya adalah untuk mengaktifkan investor yang ada," kata Nicky di Jakarta, Jumat (30/12/2016).

Menurut Nicky, jumlah investor aktif tahun ini yang sebanyak 180.000 sudah naik 30.000 investor dibandingkan tahun 2015.

Investor yang terbilang aktif tersebut berarti melakukan transaksi minimal sebulan sekali atau 12 kali dalam setahun.

Adapun "investor tidur" disebutkan Nicky merupakan investor yang sangat jarang melakukan transaksi, atau hanya sekali setahun. "Mereka punya dana dan saham, tetapi tidak bertransaksi saja," kata Nicky.

Nicky menjelaskan, setidaknya ada dua cara yang akan ditempuh untuk mendorong aktivitas investor tidur ini.

Pertama, dengan relaksasi transaksi margin. Kedua, dengan mendorong perusahaan pembiayaan efek.

Selain itu, kata Nicky, bursa juga akan mengadakan workshop pasar modal bagi "investor tidur".

Selama ini workshop pasar modal lebih difokuskan untuk investor baru. "Kami mau tahun depan minimal tambah 20 persen lagi investor aktif (menjadi 216 investor)," ucap Nicky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.