Kompas.com - 01/01/2017, 18:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

LONDON, KOMPAS.com - Beberapa mata uang negara di dunia mengalami kinerja yang mengesankan pada tahun 2016. Akan tetapi, beberapa mata uang negara di dunia malah mengalami kinerja buruk.

Mengutip CNN Money, Minggu (1/1/2017), berikut beberapa negara yang mengalami kinerja buruk pada tahun 2016.

1. Pound Mesir

Mata uang Mesir melemah 59 persen pada tahun 2016. Mesir mengambil keputusan untuk membiarkan mata uangnya bergerak mengambang atau floating pada November 2016.

Ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi krisis ekonomi dan mengamankan pinjaman dari Dana Moneter Internasional (IMF).

Mata uang pound Mesir pun langsung melemah 48 persen terhadap dollar AS dan terus melemah hingga mencapai 59 persen.

2. Naira Nigeria

Mata uang naira Nigeria melemah 37 persen terhadap dollar AS pada tahun 2016. Ini sejalan dengan kondisi Nigeria yang berjuang di tengah rendahnya harga minyak dan membuat nilai tukar tertekan pula.

Sebesar 70 persen pendapatan pemerintah Nigeria berasal dari minyak. Selain itu, ekonomi negara tersebut pun bertubi-tubi mengalami serangan militan, di mana banyak di antaranya menyasar industri minyak.

3. Lira Turki

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.