Awal 2017, Pertamina EP Bor 2 Sumur Migas Baru

Kompas.com - 01/01/2017, 23:00 WIB
Monumen pompa angguk kuno berdiri di kawasan kompleks Perumahan PT Pertamina EP di Sangasangan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu (5/10/2013). Pompa ini dioperasikan pada tahun 1930 di Sumur Anggana dengan kemampuan memompa 560 barrel minyak per hari dan menjadi bukti sejarah dimulainya eksplorasi minyak di Kalimantan. KOMPAS/IWAN SETIYAWANMonumen pompa angguk kuno berdiri di kawasan kompleks Perumahan PT Pertamina EP di Sangasangan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu (5/10/2013). Pompa ini dioperasikan pada tahun 1930 di Sumur Anggana dengan kemampuan memompa 560 barrel minyak per hari dan menjadi bukti sejarah dimulainya eksplorasi minyak di Kalimantan.
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pertamina EP salah satu anak perusahaan PT Pertamina (Persero) di awal 2017 ini melakukan pemboran 2 sumur migas baru.

Sumur pertama yang di bor adalah sumur eksplorasi Puspa 03 atau PPA-003 di Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Sumur kedua adalah sumur pengembangan OGN-A5 di Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan yang keduanya di bor di tanggal 01 Januari 2017.

"Melalui pemboran eksplorasi kami mencari cadangan migas," ujar Exploration New Discovery Project Director PT Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf dalam keterangan tertulisnya, Senin (1/1/2017).

Dia melanjutkan, pemboran pengembangan untuk mendukung pemenuhan target produksi minyak PT Pertamina EP sebesar 83.865 BOPD dan gas sebesar 1.042 MMSCFD. 

Lebih lanjut, Nanang menjelaskan bahwa selain pemboran eksplorasi Puspa 03, di Jambi ada 1 lagi pemboran sumur eksplorasi yang sedang berjalan, yaitu Sumur Point Setia 001 di Kabupaten Batang Hari.

Sumur ini mulai dibor sejak 19 Oktober 2016, dengan target waktu pengerjaan sekitar empat bulan.

Nanang menjelaskan, pemboran eksplorasi untuk tahun 2016 telah selesai lima sumur, satu sumur memasuki tahapan komplesi, dan dua sumur sedang dalam tahapan pengeboran termasuk Sumur Point Setia 01.

Sedangkan realisasi temuan cadangan sebesar 113 MMBOE atau 103 persen diatas target sebesar 110 MMBOE.

Sementara untuk tahun 2017 target pemborannya terdapat tujuh sumur eksplorasi, yang tersebar di area Sumatera empat sumur, area Jawa dua Sumur dan area Kalimantan satu Sumur," jelas Nanang.

Production Operation Director PT Pertamina EP, Pribadi Mahagunabangsa menyampaikan, untuk strategi operasi produksi menghadapi tahun 2017.

"PT Pertamina EP menargetkan pemboran sumur pengembangan sebanyak 54 sumur, Work Over sebanyak 186 sumur, Well Intervention sebanyak 731 job dan Well Service sebanyak 2.899 job," tutur Pribadi.

Sementara itu, Deputi Pengendalian Operasi SKKMigas Rudianto Rimbono menyampaikan, apresiasi terhadap PT Pertamina EP yang menunjukkan komitmen dalam upaya pemenuhan target produksi nasional sebesar 820.000 BOPD.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X