Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASDP Siap Layani Penyeberangan ke Kepulauan Seribu

Kompas.com - 03/01/2017, 18:30 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyatakan kesiapannya untuk melayani angkutan penyeberangan dari Muara Angke ke Kepulauan Seribu

Plt Direktur Utama ASDP, Faik Fahmi mengatakan, perseroan sebelumnya pernah mengoperasikan kapal untuk melayani angkutan penyeberangan dari Muara Angke ke Kepulauan Seribu. 

"Kalau penugasan dari Kementerian Perhubungan Kemenhub) ya kami tindak lanjuti. ?Tahun 2005, kami dulu pernah layani penyeberangan ke Kepualauan Seribu," ujar Faik saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Selasa (3/1/2017). 

Namun, sayangnya Faik belum menjelaskan secara detail mengenai berapa armada kapal yang disediakan.

Menurut dia, ASDP akan berkoordinasi dengan Kemenhub dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (Pelni) mengenai pembagian pengoperasian angkutan penyeberangan tersebut. 

Akan tetapi, terang Faik, ASDP berencana menggunakan kapal bertonase  di bawah 500 gross ton untuk melayani angkutan penyeberangan dari Muara Angke ke Kepulauaan Seribu. 

"Kami harus mensurvei terlebih dahulu, apakah nanti hanya untuk penumpang orang atau barang juga. Yang pasti kami siap," tandasnya. 

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dirinya bakal menugaskan PT Pelayaranan Nasional Indonesia (Persero) (Pelni) dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sebagai operator transportasi penyeberangan ke Kepulauan Seribu. 

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan keamanan transportasi penyeberang ke Kepulauan Seribu. Selama ini, transportasi penyeberangan kapal masih dipegang oleh swasta. 

"Yang ingin saya sampaikan di tempat tersebut kita akan tingkatkan dengan menunjuk Pelni dam ASDP untuk menggantikan transportasi penyeberangan," ujar Budi Karya.

Kompas TV Nahkoda Zahro Express Dijadikan Tersangka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com