ASDP Siap Layani Penyeberangan ke Kepulauan Seribu

Kompas.com - 03/01/2017, 18:30 WIB
Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi membersihkan meja di kafetaria Kapal Motor Penyeberangan Portlink III saat berlayar di Selat Sunda, Selasa (15/11). Kegiatan itu dilakukan untuk menggalakkan perilaku kerja bersih di PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero). Kompas/Dwi Bayu RadiusPelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi membersihkan meja di kafetaria Kapal Motor Penyeberangan Portlink III saat berlayar di Selat Sunda, Selasa (15/11). Kegiatan itu dilakukan untuk menggalakkan perilaku kerja bersih di PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero).
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyatakan kesiapannya untuk melayani angkutan penyeberangan dari Muara Angke ke Kepulauan Seribu

Plt Direktur Utama ASDP, Faik Fahmi mengatakan, perseroan sebelumnya pernah mengoperasikan kapal untuk melayani angkutan penyeberangan dari Muara Angke ke Kepulauan Seribu. 

"Kalau penugasan dari Kementerian Perhubungan Kemenhub) ya kami tindak lanjuti. ?Tahun 2005, kami dulu pernah layani penyeberangan ke Kepualauan Seribu," ujar Faik saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Selasa (3/1/2017). 

Namun, sayangnya Faik belum menjelaskan secara detail mengenai berapa armada kapal yang disediakan.

Menurut dia, ASDP akan berkoordinasi dengan Kemenhub dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (Pelni) mengenai pembagian pengoperasian angkutan penyeberangan tersebut. 

Akan tetapi, terang Faik, ASDP berencana menggunakan kapal bertonase  di bawah 500 gross ton untuk melayani angkutan penyeberangan dari Muara Angke ke Kepulauaan Seribu. 

"Kami harus mensurvei terlebih dahulu, apakah nanti hanya untuk penumpang orang atau barang juga. Yang pasti kami siap," tandasnya. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dirinya bakal menugaskan PT Pelayaranan Nasional Indonesia (Persero) (Pelni) dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sebagai operator transportasi penyeberangan ke Kepulauan Seribu. 

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan keamanan transportasi penyeberang ke Kepulauan Seribu. Selama ini, transportasi penyeberangan kapal masih dipegang oleh swasta. 

"Yang ingin saya sampaikan di tempat tersebut kita akan tingkatkan dengan menunjuk Pelni dam ASDP untuk menggantikan transportasi penyeberangan," ujar Budi Karya.

Kompas TV Nahkoda Zahro Express Dijadikan Tersangka



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X