Kemenhub Ungkap Pelanggaran yang Dilakukan Citilink Indonesia

Kompas.com - 05/01/2017, 08:00 WIB
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo di Jakarta, Selasa (10/5/2016) Kompas.com/ Yoga SukmanaDirektur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo di Jakarta, Selasa (10/5/2016)
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

TANGERANG, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan pelanggaran yang dilakukan maskapai Citilink Indonesia terhadap pilot sebelum melakukan penerbangan. Pelanggaran diketahui setelah dilakukan investigasi terkait kasus dugaan pilot mabuk. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Suprasetyo mengatakan, pelanggaran yang pertama, yakni pilot tidak melalui Flight Operations (Flop)

Flop ini adalah apabila pilot melakukan penerbangan pertama ada pengarahan atau briefing dari Flight Operations Officer (FOO).

"Hal ini tidak dilakukan oleh maskapai tersebut," ujar Suprasetyo di Kantor Otoritas Bandara Wilayah I Tangerang, Rabu (4/1/2016). 

Suprasetyo menambahkan, pilot saat itu tidak melakukan pemeriksaan kesehatan di klinik bandara, tetapi langsung menuju ke pesawat udara. 

Kemudian, pelanggaran selanjutnya yakni, maskapai telah mempersilahkan penumpang untuk naik ke pesawat udara, tetapi awak pesawat udara tidak lengkap.

"Selain itu, pilot juga tidak melakukan briefing kepada awak yang bertugas saat itu dan pengumuman yang dilakukan pilot sebelum melakukan penerbangan juga tidak sesuai prosedur," lanjutnya. 

Menurut dia, Citilink Indonesia telah melanggar regulasi Civil Aviation Safety Regulation (C.A.S.R) nomor 121.601.

Atas kejadian itu juga pihaknya telah memberikan teguran tertulis kepada Citilink Indonesia. 

Suprasetyo juga memberikan waktu selama satu bulan kepada Citilink Indonesia untuk melakukan pembenahan atas pelanggaran yang dilakukan. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.