Realisasi PNBP dari SDA di KKP Hanya Capai 48,8 Persen dari Target

Kompas.com - 05/01/2017, 21:17 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Realisasi pendapatan negara bukan pajak (PNBP) sumberdaya alam di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencapai Rp 360,8 miliar pada 2016, atau hanya 48,76 persen dari target Rp 740 miliar di APBN-P 2016.

Angka realisasi itu diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Zulficar Mochtar dalam paparannya di Kantor Kantor KKP, Jakarta, Kamis (5/1/2017).

Meski hanya menyumbang 48,76 persen, angka tersebut cukup siginifikan bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pada 2015, PNBP sumberdaya alam KKP hanya Rp 79,8 miliar, angka itu anjlok dari realisasi Rp 214,4 pada 2014. Kebijakan moratorium kapal menjadi penyebab utama rendahnya pemasukan PNBP.

Sementara itu pada 2013, realisasi PNBP sumberdaya alam KKP Rp 227,5 miliar, atau lebih besar dari realisasi sebelumnya yakni Rp 215,7 miliar.

Peningkatan realisasi PNBP sumber daya alam KKP pada 2016 tidak terlepas dari sejumlah program yang dijalankan yakni penataan perizinan yang diantaranya penerapan perpanjangan izin berbasis online atau e-service perizinan.

Selain sumberdaya alam, KKP juga masih memiliki pemasukan PNBP dari sektor non-sumberdaya alam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.