Program Revitalisasi Pasar Rakyat Terus Dilanjutkan

Kompas.com - 07/01/2017, 06:34 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tahun 2017 Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) akan tetap melanjutkan program revitalisasi pasar rakyat.

Kemenkop menargetkan sebanyak 51 pasar rakyat yang tersebar di 24 provinsi masuk dalam rencana tersebut.

"Anggaran kecil bukan berarti kita tidur dan tidak berbuat apa-apa tetapi kita dituntut harus kreatif," ujar Sekretaris Kemenkop UKM Agus Muharram dalam acara jumpa pers di kantornya, Jakarta, Jumat (6/1/2017).

Deputi bidang Produksi dan Pemasaran, Kemenkop UKM, I Wayan Dipta merinci jumlah pasar rakyat yang akan direvitalisasi terdiri dari 11 di daerah tertinggal atau daerah perbatasan, dan 40 lainnya di daerah reguler.

Untuk biaya revitalisasi masing-masing pasar dianggarkan Rp 950 juta. 

"Daerah perbatasan itu diantaranya misalnya di Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Kalimantan. Memang kami menyiapkan dana hibah untuk nanti dikelola oleh pemda," ungkap Wayan. 

Wayan menjelaskan, revitalisasi pasar rakyat itu dengan memperbaiki pasar lama yang kondisi bangunannya sudah tidak bauk, kumuh, kemudian diperbaiki menjadi bangunan permanen.

Di setiap pasar akan dilengkapi dengan fasilitas umum yang mumpuni berupa toilet, wastafel, maupun tempat pembuangan sampah. 

"Selain kita bangun fisiknya, kita juga bantu dari segi pengelolaan, Monev, dan pengawasan," kata Wayan. 

Dia mengungkapkan, ketika meninjau pasar rakyat yang sudah direvitalisasi di sejumlah daerah, program tersebut menunjukan adanya dampak bagi kenaikan pendapatan pedagang.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.