Hasil Survei BI: Masyarakat Indonesia Tetap Optimistis terhadap Perekonomian ke Depan

Kompas.com - 09/01/2017, 16:28 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil survei konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan bahwa optimisme konsumen terhadap kondisi perekonomian Indonesia tetap berlanjut.

Hal ini ditunjukkan oleh Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Desember 2016 yang masih berada dalam level optimis, yaitu 115,4.

"Secara kuartalan, rata-rata IKK kuartal IV 2016 mencapai 116,0, lebih tinggi dibandingkan 112,5 pada kuartal sebelumnya, dan 103,5 pada periode yang sama tahun sebelumnya," tulis bank sentral dalam keterangan resmi, Senin (9/1/2017).

Hasil survei juga menunjukkan, konsumen memperkirakan, tekanan kenaikan harga melambat pada Maret 2017.

Hal ini tecermin dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) tiga bulan mendatang yang turun 2,1 poin dari bulan sebelumnya sehingga menjadi 162,8.

"Melambatnya tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi terutama pada kelompok sandang dan kelompok bahan makanan," kata bank sentral.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.