AP II Usulkan Kenaikan Biaya Penumpang di Bandara Baru Depati Amir

Kompas.com - 11/01/2017, 10:08 WIB
Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin saat meninjau kesiapan soft launching bandara baru Depati Amir, Bangka Belitung, Rabu (10/1/2017). Iwan Supriyatna/Kompas.comDirektur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin saat meninjau kesiapan soft launching bandara baru Depati Amir, Bangka Belitung, Rabu (10/1/2017).
|
EditorAprillia Ika

PANGKALPINANG, KOMPAS.com -Angkasa Pura II (AP II) sebagai pihak pengelola bandara baru Depati Amir Bangka Belitung berencana untuk menaikan passenger service charge (PSC) di bandara tersebut.

Di terminal lama, biaya layanan bandara dikenakan Rp 25.000 per orang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, kenaikan tersebut sejalan dengan upaya AP II memberikan kenyamanan masyarakat dalam bepergian menggunakan moda transportasi udara.

"Di terminal lama, PSC yang dikenakan kepada penumpang Rp 25.000, ini karena masih minimnya fasilitas terminal lama," ujar Awaluddin saat meninjau kesiapan soft launching bandara baru Depati Amir di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Rabu (10/1/2017) malam.

Namun demikian, Awaluddin masih belum bisa menyebutkan berapa kenaikan PSC yang akan diterapkan oleh pihaknya. Awaluddin hanya mengatakan, bahwa kenaikan PSC ini disesuaikan dengan fasilitas dan kenyamanan yang ada di bandara baru Depati Amir.

"Besarannya kenaikannya belum, yang pasti kenaikan PSC ini karena fasilitas yang ada sudah berubah, ada wifi yang koneksinya cukup bagus, ruang tunggunya luas," terangnya.

Terkait dengan kenaikan tarif PSC, pihaknya akan sesegera mungkin mengajukan usulan tersebut ke pemerintah. Dirinya berharap, pemerintah bisa menerima usulan kenaikan PSC untuk semakin meningkatkan pelayanan di bandara.

"Kami akan mengajukan kenaikan PSC ke pemerintah," pungkasnya.

Sekadar informasi, bandara baru Depati Amir, Pangkal Pinang, Bangka Belitung resmi beroperasi pada 11 Januari 2017.

Bandara yang menelan investasi hingga Rp 300 miliar ini berdiri di atas lahan 12.000 meter persegi dengan mengusung konsep desain cual di beberapa ornamen pintu dan dinding.

Bangunan dua lantai tersebut diklaim mampu menampung 600.000 calon penumpang. Kapasitas penumpang tersebut tiga kali lipat jika dibandingkan dengan kapasitas bandara lama Depati Amir.

(Baca: Terminal Baru Bandara Depati Amir Dilengkapi Fasilitas Mewah)

Kompas TV Pengamanan di Bandara Depati Amir Diperketat

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X