Menteri BUMN Sebut Jawa Tengah Tercepat dalam Distribusi Kartu Petani

Kompas.com - 12/01/2017, 17:06 WIB
|
EditorM Fajar Marta

MAGELANG, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno menilai provinsi Jawa Tengah adalah wilayah yang paling siap menerapkan kartu tani. Sebab, provinsi ini merupakan yang pertama melakukan pendataan petani.

Hal itu diungkapkan Rini usai penyerahan kartu tani kepada petani Magelang di pendopo drh Soepardi, Kabupaten Magelang, Kamis (12/1/2017).

"Saya senang karena Jawa Tengah paling siap, bagus, terima Kasih Pak Gubernur yang sudah menjadi pionir. Inisiatif memulai pendataan, karena yang paling berat adalah pendataan pertama untuk petani," kata Rini.

Menurut Rini, pihaknya mencoba bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat untuk pendataan sekaligus pendistribusian kartu tani.

Adapun BUMN yang ditunjuk menjadi leading sector kartu tani adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI).

"Target sebanyak-banyaknya petani yang berhak mendapat kartu tani, setidaknya mulai dari pupuk subsidi. Semuanya diharapkan sudah terdaftar sebelum Lebaran 2017," sebut Rini.

Dengan data petani yang lengkap, pemerintah bisa mensinergikan BUMN untuk memenuhi kebutuhan petani.

"Dengan demikian nanti kita bisa berikan kredit kepada petani, pengadaan bibit dari PT SHS, obat-obatan dan sebagainya. Selain Jawa Tengah, Insya Allah Jawa Timur juga sudah mulai. Dalam waktu dekat Lampung juga," paparnya.

Rini meminta kepada pemerintah daerah untuk aktif melakukan pendataan seperti melalui kelompok tani.

Jika sudah terdata maka perbankan akan mudah dan cepat mencetak kartu tani, bahkan dalam satu bulan perbankan bisa mencetak sampai 3.000 keping.

"Di Jawa Tengah sudah tersistem dengan baik, ada penyuluhnya, jadi kami tinggal berkomunikasi dengan penyuluh, bekerjasama dengan kepala daerahnya juga tidak sulit," ucap Rini.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebutkan, hingga saat ini, sudah 22 dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang terdistribusi kartu tani. Pihaknya menargetkan tahun 2017 ini, seluruh petani di wilayahnya mendapat kartu tani.

Jumlah petani Jawa Tengah yang sudah terdata sebanyak 1.484.221 orang. Per 8 Januari 2017, kartu tani yang sudah dibagikan mencapai 239.856 keping dan kartu yang siap dibagikan sebanyak 828.831 keping serta yang dalam proses pembagian sebanyak 681.100 keping. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.