Caplok WOM Finance, Reliance Genjot Nasabah Naik 6 Kali Lipat

Kompas.com - 12/01/2017, 18:33 WIB
Estu Suryowati/Kompas.com Chief Financial Officer Reliance Group Iman Pribadi, CEO & Founder Reliance Group Anton Budidjaja, Head of Corporate Affair Reliance Group Gatot Subagio, dalam konferensi pers akuisisi WOM Finance, Jakarta, Kamis (12/1/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama sekaligus pendiri PT Reliance Capital Management (Reliance Group) Anton Budidjaja mengatakan, akuisisi PT Wahana Ottomitra Mutiara Tbk (WOM Finance/WOMF) akan mempermudah perseroan mencapai target 50 juta nasabah pada 2020 mendatang.

"Dengan adanya akuisisi WOM Finance ini, kami yakin target kami memiliki 50 juta nasabah pada 2020 akan lebih mudah dicapai," terang Anton dalam konferensi pers, di Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Saat ini Reliance Group telah memiliki lebih dari 7,5 juta nasabah. Portofolio jasa Reliance Group ini, kata Anton, mencakup investasi (perdagangan efek dan manager investasi), perlindungan (asuransi kerugian, kesehatan, jiwa, dan berbasis syariah), pembiayaan (multifinance, perbankan, dan modal ventura).

" Akuisisi WOM Finance ini melengkapi layanan Reliance Group khususnya di sektor pembiayaan sepeda motor dan multiguna," kata Anton.

Reliance Group sendiri sudah memiliki bisnis pembiayaan yaitu PT Usaha Pembiayaan Reliance Indonesia atau Reliance Finance yang fokus pada pembiayaan perumahan (mortgage). Akuisisi WOM Finance diyakini tidak akan mengganggu bisnis pembiayaan Reliance Finance karena segmentasi yang berbeda.

Dalam kesempatan sama, Direktur Keuangan Reliance Group Iman Pribadi mengatakan, laba sebelum pajak Reliance Group tahun 2016 mencapai sekitar Rp 100 miliar, atau tumbuh tiga kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada tahun 2017 ini, Reliance Group optimistis dapat meraup laba sebelum pajak Rp 200 miliar.

"Itu pun kami hitung belum dengan WOM Finance," kata Iman.

Dia berharap dengan adanya akuisisi perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor terbesar keempat di Indonesia itu, laba sebelum pajak Reliance Group di 2017 akan tumbuh minimal tiga kali lipat dibandingkan 2016 atau mencapai Rp 300 miliar.

Iman menambahkan, kinerja perusahaan akan terus ditingkatkan baik secara organik maupun anorganik seperti aksi-aksi akuisisi.

Sebagai informasi, telah menandatangani Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat (PPSB) dengan PT Maybank Indonesia Tbk untuk membeli dan mengalihkan seluruh kepemilikan saham Maybank Indonesia sebesar 68,55 persen dalam WOM Finance.

Total nilai pengalihan saham menurut keterbukaan yang disampaikan Maybank Indonesia sebesar Rp 673,77 miliar. Namun pihak Reliance Group masih akan menunggu audit laporan kinerja WOM Finance tutup buku 2016.



EditorBambang Priyo Jatmiko

Close Ads X