Setoran Bea Keluar Ekspor Konsentrat Freeport 2016 Rp 1,23 Triliun

Kompas.com - 12/01/2017, 21:33 WIB
Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu, Heru Pambudi, di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak Jakarta, Selasa (20/12/2016). Achmad Fauzi/Kompas.comDirektur Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu, Heru Pambudi, di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak Jakarta, Selasa (20/12/2016).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sudah memutuskan tetap mengizinkan PT Freeport Indonesia untuk ekspor konsentrat dengan sejumlah syarat.

Namun berapa sebenarnya bea keluar ekspor yang disetor perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) itu kepada negara pada 2016?

Berdasarkan keterangan Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi, diketahui bahwa bea keluar ekspor konsentrat Freeport tidak mencapai target yang ditentukan.

"Jadi untuk bea keluar 2016, dari Freeport itu totalnya Rp 1,23 triliun," ujar Heru di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Padahal, target setoran bea keluar ekspor yang dipatok Ditjen Bea Cukai dari Freeport yakni sebesar Rp 1,4 triliun pada 2016.

Angka itu sama dengan target untuk perusahaan tambang PT Newmont Nusa Tenggara. Bila digabungkan, total target bea keluar ekspor konsentrat Freeport dan Newmont mencapai Rp 2,88 pada 2016, namun realisasinya hanya Rp 2,48 triliun.

Sementara untuk 2017, Heru mengatakan belum memiliki hitungan target bea keluar ekspor untuk Freeport.

Bea Cukai akan menunggu kebijakan pemerintah terkait izin ekspor konsentrat Freeport. "Tentunya nanti kami akan tindak lanjuti keputusan pemerintah dan operasionalisasinya nanti kami umumkan, bagaimana mekanisme selanjutnya terkait tarif dan kuotanya," kata Heru.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X