Kembangkan Ekonomi Rakyat, Bank Mandiri Bangun Balai Ekonomi Desa

Kompas.com - 13/01/2017, 08:00 WIB
Logo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta. KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANLogo Bank Mandiri di Plaza Mandiri, Jakarta.
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) membangun Balai Ekonomi Desa di Desa Kenalan, Borobudur, Yogyakarta.

Kerja sama ini guna memperkuat dukungan untuk pengembangan ekonomi masyarakat. Bank Mandiri mengalokasikan Rp 1 miliar untuk pembangunan Balai Ekonomi Desa tersebut.

Balai Ekonomi Desa atau Balkondes, dikelola secara profesional yang dilengkapi dengan homestay.

Di Balai Ekonomi ini juga dipamerkan produk souvenir, makanan, dan produk lainnya hasil kreasi masyarakat desa.

Balai ini juga memiliki tempat pelatihan untuk meningkatkan kapabilitas masyarakat desa agar mampu mengelola dengan baik potensi-potensi yang terdapat di desa tersebut.

Area Manager Bank Mandiri Yogyakarta Atta Wanggai mengatakan, masyarakat internasional sangat tertarik mengunjungi desa karena memiliki kekuatan tradisional, kearifan lokal dan budaya.

"Mudah-mudahan, Balai Ekonomi Desa yang kami bangun bersama PT TWC ini dapat meningkatkan kemampuan masyarakat, baik secara keterampilan maupun ekonomi," jelas Atta melalui keterangan resmi, Kamis (12/1/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Program pembangunan Balai Ekonomi ini juga merupakan salah satu stimulan untuk memotivasi masyarakat supaya bergerak mengembangkan kawasan wisata Borobudur yang kaya potensi.

"Untuk menyambut wisatawan, masyarakat harus dipersiapkan menjadi tuan rumah dalam menghadapi pertumbuhan kunjungan wisatawan melalui pembangunan Balkondes dan penyediaan layanan kamar homestay," ujar Atta.

Kompas TV Tour de Borobudur Terbagi Dalam 3 Kategori



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X