China Catatkan Penjualan Mobil Tertinggi dalam 3 Tahun pada 2016

Kompas.com - 13/01/2017, 10:30 WIB
Mobil buatan China menunggu untuk di ekspor di pelabuihan Dalian, China REUTERS/China Daily Mobil buatan China menunggu untuk di ekspor di pelabuihan Dalian, China
EditorAprillia Ika

SHANGHAI, KOMPAS.com — China mencatatkan kenaikan penjualan mobil dalam tiga tahun terakhir. Penjualan tertinggi adalah pada 2016, dengan 24 juta mobil terjual, atau naik 15 persen dibanding penjualan pada 2015.

Apa penyebabnya? Ternyata, banyak konsumen China yang berlomba membeli mobil pada 2016 seiring adanya pemangkasan pajak pembelian. Potongan pajak ini berlaku pada akhir tahun lalu.

Namun, pada 2017, penjualan mobil di China diperkirakan akan melambat karena insentif pemangkasan pajak pembelian melemah.

"Pastinya akan ada pelambatan," kata Xiao Zhengsan, Sekjen Asosiasi Diler Mobil di China, yang merupakan salah satu grup perdagangan Pemerintah China.

"Kami berharap produsen mobil akan memangkas ekspektasi (penjualan)," kata dia, seperti dikutip Wall Street Journal.

Data yang tersaji dari asosiasi, sebanyak 24,38 juta kendaraan terjual sepanjang 2016. Jumlah tersebut naik 15 persen dibanding penjualan pada 2015.

Persentase kenaikan tersebut merupakan yang terkuat sejak 2013. Saat itu, kenaikan penjualan mencapai 16 persen.

Wall Street Journal Penjualan mobil di China di 2016

Pelambatan

Produsen mobil di China sendiri memprediksi adanya penurunan penjualan hingga 5 persen pada tahun ini.

Sebagai perbandingan, 17,55 juta mobil terjual di Amerika Serikat (AS) sepanjang 2016. Jumlah tersebut hanya naik kurang dari 1 persen dibanding penjualan sepanjang 2015.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X