Target 2016 Tercapai, INKA Incar Pendapatan Rp 2,6 Triliun pada 2017

Kompas.com - 13/01/2017, 13:23 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

MADIUN, KOMPAS.com — Kementerian BUMN menargetkan pendapatan PT INKA naik 48 persen dari Rp 1,6 trilyun menjadi Rp 2,6 triliun pada tahun ini.

Target itu dipatok naik lantaran pendapatan tahun 2016 melebihi dari yang sudah ditetapkan.

"Tahun lalu target pendapatan Rp 1,6 trilyun dan realisasinya mencapai Rp 1,8 trilyun. Tahun ini target pendapatannya naik menjadi Rp 2,6 trilyun. Jadi ada peningkatan 48 persen dari target sebelumnya," kata Senior Manager Secretary, Public Relation dan CSR PT INKA, Cholik Mochamad Zam-Zam, Jumat ( 13/1/2017).

Menurut Cholik, lantaran berhasil melebihi target, Kementerian Keuangan penyertaan modal negara senilai Rp 1 trilyun. Modal itu digunakan untuk perluasan pabrik, investasi mesin baru sehingga INKA dapat berproduksi lebih dan mampu mencapai target yang ditetapkan.

Tak hanya itu, untuk mencapai target itu INKA meluncurkan berbagai produk baru seperti bus gandeng, kereta bandara dan Light Rail Transit (LRT).

INKA juga melakukan peningkatan piramida industri dengan mengoptimalkan pembuatan komponen kecil ke perusahaan lain. Dengan demikian produk utama yang akan dikerjakan di INKa seperti roda kereta. Pasalnya roda kereta menyangkut keselamatan.

Selain itu INKA juga melakukan ekspansi ekspor ke luar negeri seperti Banglades dan Srilanka dengan total nilai Rp 2,2 triliun.

Tak hanya itu, proyek Bandara Soeta, dan kerjasama dengan PT KAI untuk peremajaan 485 gerbong kereta juga menjadi pendapatan INKA tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.