Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Langkah Menkeu Putuskan Hubungan dengan JP Morgan Tepat

Kompas.com - 13/01/2017, 18:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) mendukung langkah Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memutuskan hubungan dengan JP Morgan Chase.

Bank sentral menyatakan, langkah yang diambil Sri sudah tepat. “Kami tentu saja mendukung langkah yang diputuskan Menteri Keuangan, memberi sinyal bahwa analisis terhadap ekonomi Indonesia harus obyektif,” ungkap Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo di kantornya, Jumat (13/1/2017).

Perry menjelaskan, analisis terhadap perekonomian Indonesia seharusnya memberikan pandangan yang sesuai dengan fakta-fakta yang ada.

Menurut Perry, pandangan tentang Indonesia di kalangan para investor sebenarnya masih positif. Menurut Perry, pihak asing masih sangat yakin dengan Indonesia, yang ditandai dengan arus modal asing yang masih deras masuk ke Indonesia.

Selain itu, para investor juga memandang positif terhadap perbaikan ekonomi Indonesia yang kuat. “Khususnya untuk jangka panjang. Itu positif, terbukti arus modal asing di awal tahun baik. Rupiah juga baik,” ungkap Perry.

Perry menyatakan, berdasarkan pantauan bank sentral, arus modal asing yang masuk ke Indonesia terus mengalami kenaikan.

Hingga 9 Januari 2017, arus modal asing yang masuk tercatat sebesar 700 juta dollar AS atau hampir sekira Rp 9 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com