Bank Sinarmas Genjot Literasi Keuangan Siswa Sekolah

Kompas.com - 13/01/2017, 18:13 WIB
Menabung dapat mendatangkan banyak keuntungan, baik bagi diri sendiri, orang lain, maupun negara. Dok. HaloMoney.co.idMenabung dapat mendatangkan banyak keuntungan, baik bagi diri sendiri, orang lain, maupun negara.
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Sinarmas Tbk menyatakan fokusnya untuk mendorong literasi dan inklusi keuangan, khususnya di kalangan siswa sekolah.

Oleh sebab itu, perseroan menggandeng kerja sama dengan sekolah-sekolah di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Bank Sinarmas membukakan 4.000 rekening tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) bagi siswa TK, SD, SMP, dan PAUD dari 18 institusi pendidikan di kedua provinsi tersebut.

Selain mendukung program pemerintah, kerja sama ini juga agar masyarakat semakin mengenal ragam produk dan jasa keuangan perbankan.

Direktur Bank Sinarmas, Halim, menyatakan secara demografis, Indonesia memiliki lebih sedikit penduduk berusia matang (mature) dibandingkan Malaysia, Thailand, dan China.

Data Bank Dunia menyebutkan, di tiga negara tersebut, penduduk berusia 15 tahun ke atas mencapai lebih dari 75 persen. Sementara itu di Indonesia, persentase penduduk dewasa berada di bawah kisaran 40 persen.

“Besarnya jumlah penduduk yang belum dewasa akan menjadi bonus demografi yang mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa mendatang. Oleh sebab itu, pengenalan budaya menabung dan berinvestasi sejak dini merupakan hal yang krusial,” kata Halim dalam pernyataan resmi, Jumat (13/1/2017).

Hingga saat ini, Bank Sinarmas telah membuka 21.066 tabungan Simpel dengan nilai mencapai Rp 2,4 miliar.

Halim menambahkan, ke depan, pihaknya akan terus meningkatkan edukasi agar para siswa gemar menabung melalui Simpel.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sendiri tengah menggiatkan Program Literasi Keuangan sejak 2014, karena rendahnya inklusi keuangan dan tidak meratanya akses produk dan jasa keuangan di Indonesia.

Pemerintah mengharapkan agar ”Gerakan Nasional Menabung” dapat dilakukan di tingkat provinsi atau kabupaten dan Kota secara berkelanjutan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.