KEIN Optimis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2017 Capai 5,3 Persen

Kompas.com - 13/01/2017, 23:02 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2017 dapat mencapai 5,3 persen.

Wakil Ketua KEIN, Arif Budimanta mengatakan, angka pertumbuhan tersebut tercermin dari perbaikan harga komoditas di pasar global dan juga proyeksi lembaga-lembaga perekonomian dunia terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Dengan melihat faktor global dan membaiknya harga komoditas, serta proyeksi pertumbuhan ekonomi positif dari IMF, World Bank, kebijakan insentif Kredit Usaha Rakyat (KUR), pembangunan infrastruktur, kami yakin ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5,3 persen," ujar Arif dalam jumpa pers usai CEO Meeting di Hotel Le Meridien, Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Dia menambahkan, pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen dapat tercapai dengan strategi meningkatkan pertumbuhan baik secara nasional maupun daerah.

Untuk pertumbuhan secara nasional, investasi harus tumbuh 10 persen dibarengi dengan percepatan pelaksanaan proyek-proyek infrastruktur strategis nasional.

"Jadi harus diciptakan iklim yang kondusif, sehingga investasi bisa tumbuh 10 persen," ujarnya.

Sementara untuk pertumbuhan di daerah, harus dibangun melalui konektivitas kewilayahan yang lebih spesifik dan terarah.

"Berbasis sumber daya lokal, contohnya Aceh didorong mengembangkan ekspor yang berasal dari komoditas rempah dan kopi. Kemudian mencari pasar ekspor baru sehingga bisa berdampak ke ekonomi nasional," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.